Efektivitas Pelayanan Pembuatan Kartu Pencari Kerja Pada Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi Energi Dan Sumber Daya Mineral Kabupaten Subang

Authors

  • Diah Andani

DOI:

https://doi.org/10.37950/wpaj.v5i1.1651

Keywords:

Efektivitas, Kartu Pencari Kerja

Abstract

Abstrak

Tujuan penulis melakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pelayanan publik di Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi Energi dan Sumber Daya Mineral Kabupaten Subang (studi kasus pelayanan pembuatan kartu pencari kerja). Penelitian dan penulisan ini membahas hal-hal yang berkaitan dengan bagaimana Pelayanan publik di Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi Energi dan Sumber Daya Mineral Kabupaten Subang (studi kasus pelayanan pembuatan kartu pencari kerja) berdasarkan indikator kualitas pelayanan menurut Sinambela (2006:6), yakni Transparansi, Akuntabilitas, Kondisional, Partisipatif, Kesamaan Hak, dan Keseimbangan Hak dan Kewajiban. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif, karena penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran yang diteliti digunakan untuk mengungkapkan permasalahan dalam kehidupan kerja organisasi pemerintah dan observasi, wawancara, studi kepustakaan, dan dokumentasi. Tidak ada pilihan lain daripada menjadikan peneliti sendiri sebagai instrumen penelitian utama. Sumber data diperoleh dari informan melalui pengamatan dan wawancara secara langsung dan dokumen diperoleh dalam bentuk peraturan peraturan dan pengolahan data.

Hasil penelitian menunjukan bahwa Pelayanan publik di Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi Energi dan Sumber Daya Mineral Kabupaten Subang  berdasarkan indikator kualitas pelayanan menurut Sinambela (2006:6) mengenai Efektivitas Pelayanan Pembuatan Kartu Pencari Kerja Pada Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Kabupaten Subang sudah cukup baik berdasarkan enam unsur yaitu transparansi, akuntabilitas, kondisional, partisipatif, kesamaan hak, serta keseimbangan hak dan kewajiban. Adapun yang masih perlu ditingkatkan yaitu melakukan inovasi dalam memberikan pelayanan pembuatan kartu pencari kerja.

Katakunci:  Efektivitas, Kartu pencari kerja.

 

Abstract

The purpose of the authors of this study was to find out public services at the Office of Manpower, Transmigration, Energy and Mineral Resources, Subang Regency (a case study of service for making job seekers' cards). This research and writing discusses matters relating to how public services at the Manpower, Transmigration, Energy and Mineral Resources Office of Subang Regency (a case study of the service for making job seekers' cards) are based on service quality indicators according to Sinambela (2006: 6), namely Transparency, Accountability, Conditional, Participative, Equal Rights, and Balance of Rights and Obligations. This study used a qualitative descriptive research approach, because this study aims to obtain an overview of the research used to reveal problems in the work life of government organizations and observations, interviews, literature studies, and documentation. There is no other choice but to make the researcher himself the main research instrument. Data sources were obtained from informants through direct observation and interviews and documents were obtained in the form of regulations and data processing.

The results showed that public services at the Subang Regency Energy and Mineral Resources Transmigration Manpower Office based on service quality indicators according to Sinambela (2006:6) regarding the Effectiveness of Job Seeker Card Making Services at the Subang Regency Manpower and Transmigration Office are good enough based on six elements namely transparency, accountability, conditional, participative, equal rights, and balance of rights and obligations. As for what still needs to be improved, namely innovating in providing services for making job seeker cards.

Keywords: Effectiveness, job seeker card.

 

References

Amal, Ichlasul dan Armaidy Armawi. 1999. Keterbukaan Informasi dan. Ketahanan Nasional. Yogyakarta

Harbani, Pasolong. 2008. Kepemimpinan Birokrasi, Bandung : CV.Alfabeta.

Hardiansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta : Gava Media.

Hari Sabarno, 2007. Memandu Otonomi Daerah Menjaga Kesatuan Bangsa, Sinar. Grafika, Jakarta.

Ibrahim, Amin. 2008. Teori dan Konsep Pelayanan Publik Serta. Implementasinya. Jakarta: Mandar Maju.

Keban, Yeremias T. (2004). Enam Dimensi Strategis Administrasi Publik, Konsep,. Teori dan Isu. Yogyakarta: Gava Media.

Dokumen-Dokumen

Departemen Tenaga Kerja Dan Transmigrasi RI, Direktorat Penempatan Tenaga Kerja Dalam Negeri Tentang Pedoman Pelayanan Penempatan Tenaga Kerja.

Undang- undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Downloads

Published

2023-06-27

Issue

Section

Articles