Profesionalisme Aparatur Sipil Negara

Authors

  • Luki Natika
  • Livia Putri Septianti Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Subang

DOI:

https://doi.org/10.37950/wpaj.v5i1.1653

Keywords:

Profesionalisme, ASN, Subang

Abstract

Abstrak

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah profesionalisme asn yang belum optimal yang ditandai dari kewajiban sosial yang belum sepenuhnya tercapai karena pegawai asn belum bersikap obstruktif dalam profesinya. Hal tersebut disebabkan oleh keahlian pegawai asn yang masih kurang dalam bidangnya, lingkungan dan suasana kerja yang tidak kondusif. Profesionalisme asn yang rendah akan berpengaruh pada kinerja asn. Fenomena tersebut harus segera ditanggulangi agar tidak menganggu pada proses pencapaian tujuan organisasi dengan melalui pengawasan dari tiap-tiap atasan terhadap pegawai asn dan mendapatkan pelatihan-pelatihan guna mengasah keterampilan pegawai sehingga dapat memaksimalkan kinerjanya.

Penelitian ini membahas hal-hal yang berkaitan dengan Profesionalisme ASN di  Kabupaten Subang dengan teori Konsep profesionalisme yang dikembangkan oleh Hall, James A dan Tommie Singleton (2007:45) pada buku Abdurrozzaq Hasibuan “Etika Profesi-Pofesionalisme Kerja”. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang dilakukan pada kondisi objek yang alami, data yang dihasilkan bersifat deskriptif dan analisis data dilakukan secara induktif melalui pengamatan dan observasi, wawancara, studi kepustakaan dan dokumentasi. Sumber daya diperoleh dari informan melalui pengamatan dan wawancara secara langsung dan dokumen diperoleh dalam bentuk peraturan perundang-undang dan pengelolaan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pofesionalisme ASN di Kabupaten Subang sudah bisa cukup dikatakan secara optimal.

 

Kata kunci: Profesionalisme, ASN, Subang

 

 

Abstract

The problem studied in this study is ASN professionalism that is not yet optimal which is characterized by social obligations that have not been fully fulfilled because ASN employees have not been obstructive in their profession. This is caused by the expertise of ASN employees who are still lacking in their fields, the environment and work atmosphere are not conducive. Low ASN professionalism will affect ASN performance. This phenomenon must be addressed immediately so as not to interfere with the process of achieving organizational goals through supervision from each superior over ASN employees and receiving training to hone employee skills so that they can maximize their performance.

This study discusses matters related to ASN Professionalism in Subang Regency with the theory of the concept of professionalism developed by Hall, James A and Tommie Singleton (2007:45) in Abdurrozzaq Hasibuan's book "Professional Ethics-Work Professionalism". In this study using a qualitative approach, namely research conducted on natural object conditions, the resulting data is descriptive and data analysis is carried out inductively through observation and observation, interviews, literature studies and documentation. Resources were obtained from informants through direct observation and interviews and documents were obtained in the form of laws and data management. The results of the study show that ASN Professionalism in Subang Regency can be said to be optimal

 

Keywords: Professionalism, ASN, Subang

 

Author Biography

Livia Putri Septianti, Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Subang

 

 

References

Abdurrozzaq Hasibuan.2017. Etika Profesi-Profesionalisme Kinerja. Penerbit : UISU Press

Ashari, E. T. .2010. Memahami Karakteristik Pegawai Negeri Sipil yang Profesional. Civil Service Journal, 4(2 November).

Keban, Yeremias T, 2005, Enam Dimensi Strategis Administrasi Publik: Konsep, Teori, dan Isu,. Yogyakarta: Penerbit Gaya Media.

Laoh, E. .2014. Profesionalisme Aparatur Pemerintah Di Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Minahasa Selatan. Jurnal Eksekutif, 1(3).

Maiwan, M. .2018. Memahami Teori-teori Etika: Cakrawala dan Pandangan. Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi , 17 (2), 193-215.

Maksudi, Beddy Iriawan 2018. Dasar-dasar Administrasi Publik. Ed.1.Cet.2 Depok: Rajawali Pers,

Nurhayati, E. .2011. Bimbingan, konseling & psikoterapi inovatif (Vol. 1). Pustaka Pelajar.

Podungge, A. W., & Aneta, A. .2020. Profesionalisme Pegawai Ditinjau Dari Aspek Pengorganisasian Dalam Pelayanan Publik. Publik (Jurnal Ilmu Administrasi), 9(1), 55-65.

Porajow, R. C., Gosal, R., & Kasenda, V. .2018. Profesionalisme Aparatur Sipil Negara Dalam Pelaksanaan Tugas Pemerintahan Di Kecamatan Tompaso Barat. Jurnal Eksekutif, 1

Pratiknyo, G. .1995. Konsep-Konsep Profesionalisme. In Forum Manajemen (Vol. 9, No. 61, pp. 24-29).

Rahim, N. A. .2022. Profesionalisme Aparatur Sipil Negara Dalam Meningkatkan Pelayanan Di Kantor Camat Hamparan Rawang Kota Sungai Penuh. Jurnal Administrasi Nusantra Maha, 4(1), 16-24.

Sedarmayanti, H. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia; Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Reflika Aditama.

Sinambela, L. P. 2017. Profesionalisme dosen dan kualitas pendidikan tinggi. Populis: Jurnal Sosial dan Humaniora, 2(2), 579-596.

Sondang P. Siagian. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta. PT. Bumi Aksara.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Suwinardi, S. 2017. Profesionalisme dalam bekerja. Orbith: Majalah Ilmiah Pengembangan Rekayasa dan Sosial, 13(2).

Downloads

Published

2023-06-27

Issue

Section

Articles