KINERJA BIDANG MITIGASI BENCANA ALAM KABUPATEN SUBANG

Authors

  • Kusman Yuhana
  • Sumarna Sumarna FIA Universitas SUbang

DOI:

https://doi.org/10.37950/wpaj.v2i1.903

Keywords:

Kinerja organisasi, Bencana Alam

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kinerja bidang mitigasi bencana alam di badan penanggulangan bencana daerah melalui kegiatan observasi lapangan. Penelitian ini mengacu pada pendapat Agus Dwiyanto (1995:9) menjelaskan bahwa pada kinerja organisasi terfokus pada aspek produktifitas, kualitas pelayanan, responsivitas, responsibilitas, dan akuntabilitas. Metode penelitian yang digunakan adalah desriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian diarahkan untuk membuat deskripsi, gambaran secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder dengan instrument penelitian menggunakan pedoman wawancara sebagai penuntun bagi peneliti untuk mengembangkan pertanyaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produktifitas yang berbicara tetang bagaimana pemberian pelayanan petugas kepada masyarakat, kualitas pelayanan berbicara pada kualitas sumber daya manusia yang dimiliki, responsivitas berbicara tentang kecepat tanggapan para petugas dalam pemberian pelayanan, responsibilitas berbicara tentang pertanggungjawaban individu dari petugas dan akuntablitas berbicara tentang pertanggungjawaban organisasi atau kelompok petugas. Pada intinya kinerja bidang mitigasi bencana alam di Badan Penanggulanga Bencana Daerah Kabupaten Subang belum optimal.

 

The purpose of this study was to determine how the performance of the natural disaster mitigation field in the regional disaster management agency through field observation activities. This study refers to the opinion of Agus Dwiyanto (1995: 9) explaining that the organizational performance is focused on aspects of productivity, service quality, responsiveness, responsibility, and accountability. The research method used is descriptive qualitative approach. Research is directed to make a description, a systematic, factual and accurate description of the facts. The type of data used are primary and secondary data with research instruments using interview guidelines as a guide for researchers to develop questions. The results showed that productivity spoke about how the provision of service to officers to the community, quality of service spoke to the quality of human resources owned, responsiveness spoke of the speed of responses of officers in service delivery, responsibility spoke of individual accountability of officers and accountability spoke of organizational responsibility or group of officers. In essence, the performance of the field of natural disaster mitigation in the Subang District Disaster Management Agency is not yet optimal.

References

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi

Ke-4. Jakarta: Gramedia

Dwiyanto, Agus. 1995. Penilaian kinerja organisasi public, Jurusan Ilmu Administrasi negara. Yogyakarta: Fisippol UGM

Hasibuan, Malayu S.P. 2006. Manajemen Dasar, Pengertian dan Masalah.

Jakarta: Bumi Aksara

Irawan, Prasetya. 2006. Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif Untuk Ilmu-ilmu

Sosial. Jakarta: FISIP UI

Nurjanah, dkk. 2013. Manajemen Bencana.Bandung: Alfabeta

Mangkunegara, A.A.Anwar Prabu 2006. Evaluasi Kinerja Sumber Daya

Manusia. Bandung: PT.Refika Aditama

Keban, Jeremias T. 2003. Indikator Kinerja Pemerintah Daerah: Pendekatan

Manajemen dan Kebijakan, Makalah Seminar Sehari. Yogyakarta:FISIPOL UGM

Mahmudi. 2013. Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: UPP STIM YKPN

Mahsun, Muhammad. 2006. Pengukuran Kinerja Sektor Publik.Yogyakarta: FE UGM

Mangkunegara, Prabu Anwar .2001. Manajemen Sumber Daya Manusia

Perusahaan.Bandung: Remaja Rosdakarya

Miles, Matthew dan Michael Huberman. 2009. Analisis Data Kualitatif(Buku

Sumber Tentang Metode-metode Baru). Jakarta: UI Press

Moeheriono. 2010. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Bogor: Ghalia Indonesia

Moleong, Lexy J. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Nurjanah,dkk. 2012. Manajemen Bencana. Bandung: ALFABETA.

Prawirosentono. 1999. Manajemen Sumber Daya Manusia, Kebijakan Kinerja

Karyawan.Yogyakarta: BPFE

Simanjuntak, Payaman J.2005. Manajemen dan Evaluasi Kinerja. Jakarta: FE UI

Sinambela, Lijan Poltak dkk. 2014. Reformasi Pelayanan Publik Teori,

Kebijakan, dan Implementasi. Jakarta: Bumi Aksara

Sobandi, Baban. 2006. Desentralisasi dan Tuntunan Penataan Kelembagaan Daerah. Bandung: Humaniora

Steers, R.M. 2003. Organization Effectiveness A Behavioral View. Jakarta: Erlangga

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantiatif.Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfbeta

Sugiyono. 2009. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Admninistrasi. Bandung: Alfabeta

Surjadi. 2009. Pengembangan Kinerja Pelayanan Publik. Bandung: Refika Aditama

Taniredja, Tukiran dan Hidayati Mustafidah. 2012. Penelitian Kualitatif Sebuah Pengantar. Bandung: Alfabeta

Wibowo. 2011. Manajemen Kinerja. Jakarta: RajaGarafindo Persada

Downloads

Published

2020-11-14

Issue

Section

Articles