KINERJA BIDANG MITIGASI BENCANA ALAM KABUPATEN SUBANG
DOI:
https://doi.org/10.37950/wpaj.v2i1.903Keywords:
Kinerja organisasi, Bencana AlamAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kinerja bidang mitigasi bencana alam di badan penanggulangan bencana daerah melalui kegiatan observasi lapangan. Penelitian ini mengacu pada pendapat Agus Dwiyanto (1995:9) menjelaskan bahwa pada kinerja organisasi terfokus pada aspek produktifitas, kualitas pelayanan, responsivitas, responsibilitas, dan akuntabilitas. Metode penelitian yang digunakan adalah desriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian diarahkan untuk membuat deskripsi, gambaran secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder dengan instrument penelitian menggunakan pedoman wawancara sebagai penuntun bagi peneliti untuk mengembangkan pertanyaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produktifitas yang berbicara tetang bagaimana pemberian pelayanan petugas kepada masyarakat, kualitas pelayanan berbicara pada kualitas sumber daya manusia yang dimiliki, responsivitas berbicara tentang kecepat tanggapan para petugas dalam pemberian pelayanan, responsibilitas berbicara tentang pertanggungjawaban individu dari petugas dan akuntablitas berbicara tentang pertanggungjawaban organisasi atau kelompok petugas. Pada intinya kinerja bidang mitigasi bencana alam di Badan Penanggulanga Bencana Daerah Kabupaten Subang belum optimal.
The purpose of this study was to determine how the performance of the natural disaster mitigation field in the regional disaster management agency through field observation activities. This study refers to the opinion of Agus Dwiyanto (1995: 9) explaining that the organizational performance is focused on aspects of productivity, service quality, responsiveness, responsibility, and accountability. The research method used is descriptive qualitative approach. Research is directed to make a description, a systematic, factual and accurate description of the facts. The type of data used are primary and secondary data with research instruments using interview guidelines as a guide for researchers to develop questions. The results showed that productivity spoke about how the provision of service to officers to the community, quality of service spoke to the quality of human resources owned, responsiveness spoke of the speed of responses of officers in service delivery, responsibility spoke of individual accountability of officers and accountability spoke of organizational responsibility or group of officers. In essence, the performance of the field of natural disaster mitigation in the Subang District Disaster Management Agency is not yet optimal.
References
Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi
Ke-4. Jakarta: Gramedia
Dwiyanto, Agus. 1995. Penilaian kinerja organisasi public, Jurusan Ilmu Administrasi negara. Yogyakarta: Fisippol UGM
Hasibuan, Malayu S.P. 2006. Manajemen Dasar, Pengertian dan Masalah.
Jakarta: Bumi Aksara
Irawan, Prasetya. 2006. Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif Untuk Ilmu-ilmu
Sosial. Jakarta: FISIP UI
Nurjanah, dkk. 2013. Manajemen Bencana.Bandung: Alfabeta
Mangkunegara, A.A.Anwar Prabu 2006. Evaluasi Kinerja Sumber Daya
Manusia. Bandung: PT.Refika Aditama
Keban, Jeremias T. 2003. Indikator Kinerja Pemerintah Daerah: Pendekatan
Manajemen dan Kebijakan, Makalah Seminar Sehari. Yogyakarta:FISIPOL UGM
Mahmudi. 2013. Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: UPP STIM YKPN
Mahsun, Muhammad. 2006. Pengukuran Kinerja Sektor Publik.Yogyakarta: FE UGM
Mangkunegara, Prabu Anwar .2001. Manajemen Sumber Daya Manusia
Perusahaan.Bandung: Remaja Rosdakarya
Miles, Matthew dan Michael Huberman. 2009. Analisis Data Kualitatif(Buku
Sumber Tentang Metode-metode Baru). Jakarta: UI Press
Moeheriono. 2010. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Bogor: Ghalia Indonesia
Moleong, Lexy J. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Nurjanah,dkk. 2012. Manajemen Bencana. Bandung: ALFABETA.
Prawirosentono. 1999. Manajemen Sumber Daya Manusia, Kebijakan Kinerja
Karyawan.Yogyakarta: BPFE
Simanjuntak, Payaman J.2005. Manajemen dan Evaluasi Kinerja. Jakarta: FE UI
Sinambela, Lijan Poltak dkk. 2014. Reformasi Pelayanan Publik Teori,
Kebijakan, dan Implementasi. Jakarta: Bumi Aksara
Sobandi, Baban. 2006. Desentralisasi dan Tuntunan Penataan Kelembagaan Daerah. Bandung: Humaniora
Steers, R.M. 2003. Organization Effectiveness A Behavioral View. Jakarta: Erlangga
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantiatif.Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfbeta
Sugiyono. 2009. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Admninistrasi. Bandung: Alfabeta
Surjadi. 2009. Pengembangan Kinerja Pelayanan Publik. Bandung: Refika Aditama
Taniredja, Tukiran dan Hidayati Mustafidah. 2012. Penelitian Kualitatif Sebuah Pengantar. Bandung: Alfabeta
Wibowo. 2011. Manajemen Kinerja. Jakarta: RajaGarafindo Persada