Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kualitas Pelayanan Publik di Kecamatan Kalijati Kabupaten Subang

Authors

  • Tony Pathony
  • Kusman Yuhana FIA Universitas Subang

DOI:

https://doi.org/10.37950/wpaj.v2i2.924

Abstract

Kualitas pelayanan disuatu organisasi publik berkaitan erat dengan Budaya organisasi. Fakta bahwa isu pelayanan publik di kecamatan masih banyak menunjukan kualitas masih rendah, dari tahun 2018-2019 pengaduan masyarakat ke kecamatan meningkat. Tujuan penulis ini melakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Kualitas Pelayanan Publik di Kecamatan Kalijati Kabupaten Subang. Permasalahan tersebut diakibatkan oleh adanya keluhan masyarakat kalijati yang dari 2 tahun terakhir malah semakin bertambah, dikarenakan pelayanan publik yang diberikan pegawai kecamatan tidak bagus dan tidak cepat.  Adapun metode penelitian yang digunakan oleh penulis dengan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Adapun sumber data yang digunakan adalah data-data primer dan skunder dari kantor kecamatan kalijati, serta data dari pegawai kecamatan dan masyarakat kalijati yang bersangkutan. Data akan dianalisa dengan metode deskriptif analisis. Analisis data dilakukan dengan metode analisis statistik deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, analisi regresi linear sederhana, uji signifikan dan uji koefisen determinasi. Berdasarkakn analisis data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa Budaya Organisasi di Kecamatan Kalijati menunjukkan hasil 43,28, yang dimana menurut garis kontinum termasuk kedalam kategori baik dan Kualitas Pelayanan Publik di Kecamatan Kalijati menunjukkan hasil 50,66, yang dimana menurut garis kontinum termasuk kedalam kategori cukup baik. Ada pengaruh budaya organisasi terhadap kualitas pelayanan publik di Kantor Kecamatan, hasilnya diperoleh dari nilai signifikansi lebih dari 0,05, nilai signifikansi sebesar 4,847. Budaya Organisasi memberikan pengaruh sebesar 66,0% terhadap Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan.

 

Service quality in a public organization is closely related to organizational culture. The fact that there are still many public service issues in the sub-district shows that the quality is still low, from 2018-2019 public complaints to the sub-districts increased. The purpose of this writer doing this research is to find out how the influence of organizational culture on the quality of public services in Kalijati District, Subang Regency. This problem was caused by complaints from the Kalijati community, which in the last 2 years had even increased, because the public services provided by sub-district employees were not good and not fast. The research method used by the author uses descriptive methods with a quantitative approach. The data sources used are primary and secondary data from the Kalijati sub-district office, as well as data from district employees and the concerned Kalijati community. The data will be analyzed using descriptive analysis method. Data analysis was performed using descriptive statistical analysis method, validity test, reliability test, simple linear regression analysis, significant test and determination coefficient test. Based on the data analysis carried out, it is concluded that the Organizational Culture in Kalijati District shows the results of 43.28, which according to the continuum line is in the good category and the Quality of Public Services in Kalijati District shows the results of 50.66, which according to the continuum line is included in the category pretty good. There is an influence of organizational culture on the quality of public services in the District Office, the results are obtained from a significance value of more than 0.05, a significance value of 4.847. Organizational Culture has an influence of 66.0% on the Quality of Public Services in the District Office.

References

Achmad, Sobirin (2007). Budaya Organisasi Pengertian, Makna dan Aplikasinya Dalam Kehidupan Organisasi. Yogyakarta: IBPP STIM YKPN.

Basuki, Johanes. 2018. Administrasi Publik. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Hardiyansyah. 2018.Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media.

Hikmawati, 2017: Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Kualitas Pelayanan Publik di Sekretariat Daerah Kabupaten Gowa. Jurnal Skripsi Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang.

https://core.ac.uk/download/pdf/145228167.pdf

Janet, et al. 2013. Pelayanan Publik Baru: dari manajemen streering ke serving. Bantul: Kreasi Wacana.

Kusdi. 2011. Budaya Organisasi : Teori, Penelitian, Dan Praktik. Jakarta: Salemba Empat.

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2008. Perilaku dan budaya organisasi. Bandung: Refika aditama.

Maryadi, 2014: Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Kualitas Pelayanan Publik di Rumah Sakit Ibu dan Anak Pemerintahan Aceh. Universitas Terbuka Pascasarjana Magister Administrasi Publik.

Nawawi, Ismail. 2013. Budaya Organisasi Kepemimpinan & Kinerja: Proses Terbentuk,Tumbuh Kembang, Dinamika, dan Kinerja Organisasi. Jakarta: Kencana.

Ndraha, Taliziduhu. 2005. Teori Budaya Organisasi. Jakarta: Rineka Cipta.

Pasolong, Harbani. 2007. Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.

Peraturan pemerintahan Bupati Subang No 34 Tahun 2016, tentang susunan Organisasi Perangkat Daerah.

Permendagri No 4 Tahun 2010 tentang Pedoman Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN).

Ratminto & Atik Septi Winarsih. 2007. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Riani Asri Laksmi.2011. Budaya Organisasi. Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha

Sobrin, Masana. 2012. Budaya & Kinerja Organisasi (perspekrif Organisasi Pemerintah). Bandung: Fokusmedia.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandsung: Alfabeta.

Sutrisno, Edy.2010. Budaya Organisasi.Jakarta: Kencana

Taliziduhu Ndraha. 2003. Teori Budaya Organisasi. Rineka Cipta. Jakarta.

Tika, Pabundu, 2006. Budaya Organisasi dan Peningkatan Kinerja Perusahan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Wibowo. 2016. Budaya Organisasi: Sebuah Kebutuhan Untuk Meningktakan Kinerja Jangka Panjang. Jakarta: Rajawali Pers.

Downloads

Published

2020-12-06

Issue

Section

Articles