Efektivitas Pelayanan Calon Pekerja Migran Indonesia Pada Layanan Terpadu Satu Atap Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Kabupaten Subang
DOI:
https://doi.org/10.37950/wpaj.v2i2.925Keywords:
Efektivitas, PelayananAbstract
Efektivitas Pelayanan Calon Pekerja Migran Indonesia Pada Layanan Terpadu Satu atap Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Subang merupakan amanat Undang-undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2017 tentang Pelindungan Pekerja Migran Indonesia. Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Subang memiliki tanggung jawab mengenai Pembinaan dan Pelayanan terhadap para calon pekerja migran dari mulai registrasi sampai berkas akhir pemberangkatan ke lokasi atau tujuan dia bekerja. Penelitian yang dilakukan bersifat deskriptif yaitu untuk mendapatkan data yang objektif dalam rangka mengetahui dan memahami efektifitas pelayanan Calon Pekerja Migran dengan studi Pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten subang. Adapun informan adalah Kepala Bidang Penempatan Kerja, Bagian Layanan Calon Pekerja Migran dan calon pekerja migran yang tercatat di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten subang. Berdasarkan penelitian diketahui bahwa Efektivitas Pelayanan Calon Pekerja Migran Indonesia Pada Layanan Terpadu Satu Atap Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Subang dinilai belum efektif hal ini dikarenakan dimensi efektivitas menurut Sondang P Siagian (1996:60) mengenai Pengukuran efektivitas diantaranya Faktor Waktu, Faktor Kecermatan dan Faktor gaya Pemberian Layanan belum sepenuhnya dijalankan oleh para pegawai.
Effectiveness of the Services of Prospective Indonesian Migrant Workers in Integrated Services One roof of the Subang Regency Manpower and Transmigration Office is mandated by Law of the Republic of Indonesia Number 18 of 2017 concerning Protection of Indonesian Migrant Workers. The Subang Regency Manpower and Transmigration Office has the responsibility regarding the Development and Services of prospective migrant workers from the registration to the final documents of departure to the location or destination for their employment. The research is descriptive in nature, namely to obtain objective data in order to know and understand the effectiveness of the services of prospective migrant workers by studying the Subang District Manpower and Transmigration Office. The informant is the Head of Work Placement, Service Section for Prospective Migrant Workers and prospective migrant workers registered at the Subang Regency Manpower and Transmigration Office. Based on the research, it is known that the Effectiveness of Indonesian Migrant Workers Prospective Services in the One-Stop Integrated Service of the Subang Regency Manpower and Transmigration Office is considered ineffective because of the effectiveness dimension according to Sondang P Siagian (1996: 60) regarding the measurement of effectiveness including Time Factor, Accuracy Factor and Factor the style of Service Delivery has not yet been fully carried out by employees.
References
Adya Atep Barata. (2004). Dasar-dasar Pelayanan Prima, Cetakan 2. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.
Handayaningrat, Soewarno, Drs. 2006. Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Manajemen. Jakarta : Gunung Agung
Hayat, 2017. Manajemen Pelayanan Publik, . Jakarta : Raja Grafindo Persada
Hidayat. 2006. Teori Efektivitas Dalam Kinerja Karyawan. Yogyakarta : Gajah Mada University Press.
Kepmenpan no.63 tahun 2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik
Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No.63/KEP/M.PAN/7/2003 Kurniawan, Agung. 2005. Transformasi Pelayanan publik. Yogyakarta pembaruan. Moenir,A.S.Drs. 2006, Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia Jakarta, PT. Bumi Aksara
Moenir,H.A.S, 2001. Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara
Moleong Lexy J.M.A.2007. Metodelogi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya. Bandung
P.Siagian Sondang 2002, Administrasi Pembanguna. Jakarta: PT. Bumi Aksara. Pasalog, Harbani.2007. Teori Administrasi Publik. Bandung. Alfabeta
Ratminto dan Atik Septi Winarsih, 2005 (cetakan 1), Manajemen Pelayanan: Pengembangan Model Konseptual, Penerapan Citizens charter dan Standar Pelayanan Minimal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ratminto dan Atik Septi Winarsih.2010. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Sedarmayanti, M.Pd, APU. 2009, Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: Penerbit Mandar Maju.
Siagian, Sondang P,2001 Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: PT. Bumi Aksara
Sinambela,L,P,dkk.2006, Reformasi Pelayanan Publik: Teori, Kebijakan, dan Implementasi. Jakarta. Bumi Aksara
Sondang P.Siagian 1996, Organisasi dan perilaku Administrasi. Jakarta: Bumi, Aksara.
Steers, Richard M. 2005. Efektivitas Organisasi. Terjemahan Magdalena Jamin. Erlangga. Jakarta. Tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik.
Undang-undng no.25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.
Undang-undang Repulik Indonesia Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan.