https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/sendinusa/issue/feedProsiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA)2022-06-17T03:59:56+00:00Open Journal Systems<p>Prosiding <strong>Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA)</strong> adalah terbitan yang bersumber dari naskah yang dikirim oleh masing-masing penulis pada kegiatan seminar nasional pendidikan di Universitas Subang. Jurmal ilmiah ini diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Subang untuk menghasilkan karya ilmiah yang terkait dengan keilmuan, pendidikan dan pembelajaran bidang pendidikan bahasa Inggris, pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, pendidikan Matematika, dan bidang pendidikan lainnya. </p>https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/sendinusa/article/view/1318THE EFFECTIVENESS OF APPLICATION OF ENGLISH SONG TO IMPROVE LANGUAGE LEARNING ENGLISH SIXTH GRADE ELEMENTARY SCHOOL 2022-06-17T02:56:00+00:00Risma Dewirismad326@gmail.com<p>There is a lack of desire to learn English. Reading, writing, and speaking English is limited. For students, the lack of strategic application of information is attractive in the classroom. The aim of the study was to improve sixth graders' English language learning by using English songs at Mekarsari Elementary School. Students' reactions to the use of English songs to help students learn English to conduct quasi-experimental or pseudo experiments, the study used quantitative methods. It is forbidden for researchers to change their subject. The experimental and control groups in the study were identified using random groupings. The findings of this study reveal that song media can help learners improve their English language skills. Students who are taught using music media perform better than students who are taught using conventional media. The use of song media in English learning in the sixth graders of Mekarsari Elementary School is more effective than the use of traditional media. This is shown by a significant difference in the improvement of English language learning of sixth graders of Mekarsari Elementary School who are taught using song media against those who are taught using conventional media.</p>2022-06-17T00:00:00+00:00Copyright (c) 2022 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA)https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/sendinusa/article/view/1305Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa2022-06-14T01:15:50+00:00Tri Gustinatri.gustina1999@gmail.comVara Nina Yulianvaraninayulian@gmail.com<p><strong>Abstrak</strong></p> <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya atau tidak peningkatan penerapan model <em>Project Based Learning</em> terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode penelitian jenis <em>Quasi Eksperimental Design</em> yaitu desain penelitian <em>Nonrandomized Pretest-Posttes Control Group Design.</em> Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Negeri 1 Subang yang terbagi ke dalam 22 kelas. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode <em>probability sampling</em> dengan menggunakan teknik <em>simple random sampling</em> (sampel acak sederhana) yaitu cara pengambilan sampel secara acak (<em>random</em>). Dalam penelitian ini, sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yang dipilih secara acak dari 22 kelas yang tersedia. Dua kelas kemudian dipilih secara acak untuk menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa dan angket untuk mengetahui sikap siswa terhadap model <em>Project Based Learning.</em> Dalam perencanaan penelitian ini peneliti akan melakukan penelitian sebanyak 8 kali, sesuai dengan perencanaan penelitian yang dituangkan di bab 3</p>2022-06-14T00:00:00+00:00Copyright (c) 2022 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA)https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/sendinusa/article/view/1307IMPROVING STUDENT’S SPEAKING ABILITY THROUGH QUESTION WORD2022-06-16T11:56:35+00:00Ade KusumawatiAdekusumawati97@gmail.com<p>(Research in Eleventh Grade at Sman 1 Pamanukan Semester I Academic Year 2021-2022) Research journal of the Faculty of Teacher Training and Education, Subang University, Subang 2021. The purpose of this study was to determine the extent to which students' speaking skills were improved through the Question Word Technique which was applied systematically. directly to the eleventh graders of Sman 1 Pamanukan Subang for the academic year 2021-2022, besides that the purpose of writing this scientific paper is to describe the use of the Question word technique in teaching English, especially to improve students' speaking skills in English. This research is a qualitative method that focuses on in-depth observations so that it can produce a more comprehensive and significant study, after applying the question word technique in the learning process in the eleventh grade of Sman 1 Pamanukan, it can be concluded that students are more active in speak English both when asking questions and when answering questions, so this research can be said to be effective to be applied further in the learning process in the classroom.</p>2022-06-16T00:00:00+00:00Copyright (c) 2022 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA)https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/sendinusa/article/view/1308THE USE OF ENGLISH CHILDREN SHORT STORY TO ENRICH STUDENTS' VOCABULARY ACHIEVEMENT AT FIRST GRADE OF STUDENT SMAN 2 SUBANG2022-06-16T12:02:31+00:00Ayu RahayuAyur58018@gmail.com<p>In today's era, the use of English is needed to communicate with people at home and abroad. That way learning English is very important for us, because it makes it easier for us to communicate with people in the world. English as a foreign language has four skills. They speak, listen, write and read. This means that listening, speaking, reading and writing require mastery of a broad vocabulary. Vocabulary mastery is an important part of learning a foreign language. Communication will be successful or not depending on the accurate understanding of vocabulary. Where in learning English students cannot listen, speak, read and write well if they do not know vocabulary and one word correctly</p>2022-06-16T00:00:00+00:00Copyright (c) 2022 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA)https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/sendinusa/article/view/1309PICTURE SERIES IN TEACHING WRITING RECOUNT TEXT TOWARDS THE STUDENTS WRITING ABILITY2022-06-16T12:07:55+00:00Dada Siti Nuraenidadanuraeni@gmail.com<p>Recount text is one of text types that should be comprehended because it is considered as a difficult text. Recount text has its own generic structure for instance orientation , events , and re-orientation . The subject matter will be more fun, effective, and efficient if the right techniques are used. In the learning process, picture series was chosen as one of the effective techniques to overcome students' writing difficulties. Pictures are one of the most effective tools and stimuli to improve students' skills. Many students are hesitant to write because they believe it is a difficult English skill. Students frequently lack ideas for what they should write about. Furthermore, they find it difficult to tell the next plot or event after writing the introduction paragraph. As a result, English teachers must devise and implement appealing methods for teaching writing recount text. In this case, the teacher can apply and teach students to write recount text using picture series. Its goal is to help students understand and improve their writing skills.</p>2022-06-16T00:00:00+00:00Copyright (c) 2022 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA)https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/sendinusa/article/view/1310THE EFFECT OF USING SMALL GROUP DISCUSSION IN SPEAKING ABILITY AT TENTH GRADERS OF SMAN 1 JALANCAGAK2022-06-16T12:12:06+00:00Dadan PutraDadanputra106@gmail.com<p>This study aims to determine the effectiveness of discussion techniques on the speaking ability of 10th graders of SMAN 1 Jalancagak in the 2021/2022 academic year. The method used is the Small Group Discussion method. This study uses a quasi-experimental method (quantitative method), where there are manipulated activities, one class uses the small group discussion method and the other class uses the discussion method only. The object of this research is the students of SMAN 1 Jalancagak for the academic year 2021/2022. Then, choose two classes at random as a sample. The number of students is 74 students, each class consists of 37 students. Of the two classes, class X Mipa 1 as the experimental class received the treatment of the small group discussion method and class X Mipa 3 as the control class that received the treatment of the discussion method. Based on the results of research conducted by previous researchers, it can be said that the use of the small group discussion method has a positive effect on students' speaking ability. Therefore, is the small group discussion method still effective during the current pandemic?</p>2022-06-16T00:00:00+00:00Copyright (c) 2022 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA)https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/sendinusa/article/view/1311IMPROVING STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY BY LISTENING ENGLISH SONG2022-06-16T12:28:24+00:00Desi Rahayurdesi7217@gmail.com<p>The purpose of this study was to think about research to improve students' vocabulary skills by listening to English songs at SMK Bina Nusantara Cisalak. In this way it is able to improve the ability of students to constrain vocabulary. English songs are considered an effective and fun way to teach vocabulary, as they can provide pleasure or challenge for students in learning vocabulary. Methods used in this study by way of research Class actions. This class action is cyclical, based each learning meeting must be improved. If there is still no improvement in cycle 1 or cycle 2 can be done in cycle 3 until there is an increase in learning. With this research is able to improve students' ability to treasure vocabulary. Further increase students' motivation in learning English in a fun way. Teachers should provide motivation and knowledge to students to improve their skills in English especially in vocabulary memorization to help students more easily learn English. Suggest that learning English is easy and fun . By listening English songs it is easier to remember the English vocabulary of each lyric. The more frequently repeating listening English song the easier it will be to memorize the English vocabulary of the song's lyrics. Not only memorizing English vocabulary but can be applied also by speaking to say the words of the song lyrics. So not only listening English songs but can make it easier to communicate using English because it often hears so must remember often. </p>2022-06-16T00:00:00+00:00Copyright (c) 2022 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA)https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/sendinusa/article/view/1312THE USE OF PICTURE AND THE PICTURE MODEL TO IMPROVE STUDENTS' DESCRIPTIVE TEXT WRITING SKILL IN CLASS X STUDENTS OF SMKN 1 SUBANG ACADEMIC YEAR 2021/20222022-06-16T12:34:13+00:00Dian NurFajarDiannurfajar2@gmail.com<p>The purpose of this study was to determine whether pictures can improve students' writing skills and classroom conditions. The subjects of this study were students of class X at SMK NEGRI 1 Subang. The research method used is classroom action research. This research was conducted in two cycles. Each cycle consists of four steps: planning, action, observation and reflection. To collect qualitative data, the researcher used field notes, photos and interviews. To collect quantitative data, researchers conducted tests. The tests carried out were pretest and posttest. To analyze the qualitative data, the researcher used an interactive model of data analysis. For quantitative data, the researcher analyzed the test mean scores to compare the differences between the pre-test and post-test. The results showed that teaching writing skills using pictures could improve students' writing skills and classroom conditions. The increase in the average score indicates that there is an increase in students' writing skills. Therefore, it can be concluded that teaching writing skills by using pictures can improve students' writing skills.</p>2022-06-16T00:00:00+00:00Copyright (c) 2022 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA)https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/sendinusa/article/view/1313 IMPROVING STUDENTS VOCABULARY MASTERY BY USING FLASHCARD2022-06-16T12:40:29+00:00Elli JulartiEllijularti119@gmail.com<p>The aims of this study was to determine whether the use of flashcard media can help improve vocabulary mastery of 8th grade students of SMP N 2 Cijambe. The design of this research is experimental research. The sample of this study involved 8th grade students who were divided into two classes 8A with 31 students and 8B with 30 students, with an experimental class of 8A and a non-experimental class of 8B. The data of this study were obtained from two tests, pre-test and post-test.</p>2022-06-16T00:00:00+00:00Copyright (c) 2022 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA)https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/sendinusa/article/view/1314USING QUIZIZZ IN ONLINE READING ASSESSMENT FOR 2ND GRADE OF PUBLIC HIGH SCHOOL STUDENTS2022-06-16T12:44:57+00:00Irna Hardianahardianairna@gmail.com<p>The writer conducts this research to find the benefit of using Quizizz application in online reading assessment for 2<sup>nd</sup> grade of public high school. How extensive Quizizz application use for online reading assessment by students, teachers and school department. This research is using study case of qualitative research method by observation to collect the data. The writer find that Quizizz has many benefits and extensive to use for online reading assessment. Due to Quizizz have many interesting features that can be used such as: memes, audios, pictures, animation to make the assessment for fun. Quizizz also has leaderboard that can be motivated students to get better score than their friends. It also can be decreasing student’s anxiety when they take the online reading assessment. In other hand, based on this research Quizizz is appropriate application to use in online reading assessment.</p>2022-06-16T00:00:00+00:00Copyright (c) 2022 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA)https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/sendinusa/article/view/1315THE ANALYSIS OF STUDENT ANXIETY WHEN SPEAKING ENGLISH2022-06-16T12:49:20+00:00Laksmi Gasaniemydelmar@gmail.com<p>Speaking is one of the vital skills that students should master, alongside reading, writing and listening. By speaking, students are able to deliver messages directly and communicate with each other. Speaking is often seen as the most common method of communication, which is why students who learn foreign languages, such as English, should master this skill. But for some students, they still find difficulties and feel anxious when they try to speak English in public. The writer conducts this research to find the factors or what cause the students’speaking anxiety. This research is using study case of qualitative research method . There are particular reasons and factors that cause student anxiety when speaking English.</p>2022-06-16T00:00:00+00:00Copyright (c) 2022 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA)https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/sendinusa/article/view/1316THE INFLUENCE OF STORYTELLING TOWARDS THE STUDENTS’ SPEAKING SKILL2022-06-16T12:53:29+00:00Nurul Lita AkmaliaNurullita966@gmail.com<p>Some of the difficulties in learning English in the Speaking aspect in class X SMA Negeri 1 Subang. Researchers assume that students are not used to speaking in English which is caused by many factors. Therefore, by looking at these conditions, researchers conducted research using a method that could hone students' speaking skills, namely the Storytelling method. The purpose of this study was to determine whether there was an effect of storytelling on students' speaking skills, using the Quasi-Experimental method, using 2 classes, namely the Control class and the Experiment class. The method developed in this study has a positive impact on students, one of which is that students become more confident when they start speaking in English, while also making students more responsive and enthusiastic in learning. Hopefully this research can be a means of developing students' talents and abilities, especially in speaking English</p>2022-06-16T00:00:00+00:00Copyright (c) 2022 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA)https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/sendinusa/article/view/1317THE EFFECT OF CONCEPT GAMIFICATION IN LEARNING ENGLISH VOCABULARY2022-06-17T02:51:35+00:00Siti FatimahFathimah170299@gmail.com<p>This study aims to develop an English learning model using the concept of gamification in a Vocational High School in the Kalijati Subang area. The concept of gamification will be applied to learning English vocabulary so that learning is more interesting and fun. The design of this gamified system will use Marczewski's Gamification Framework. Framework that has user types with learning and self-development needs. Game mechanics in these user types such as levels, challenges, and rewards can support users of the gamified system in achieving goals. The tests that have been carried out have shown success in applying the Marczewski framework to the user's functional needs. This study uses a quasi-experimental method using a nonequivalent control group design in a quantitative approach.</p>2022-06-17T00:00:00+00:00Copyright (c) 2022 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA)https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/sendinusa/article/view/1304Model Comprehensive Mathematics Intruction (CMI) untuk Meningkatkan Kemampuan Mathematical Thinking serta Dampaknya pada Kemandirian Belajar Matematika2022-06-14T01:11:51+00:00Vella Prasetiyonofaridav@gmail.com<p>Kemampuan <em>mathematical thinking</em> erat kaitannya dengan kemampuan literasi matematis yang diusung oleh PISA. Beberapa kerangka berpikir yang digunakan oleh PISA unrtuk mengukur kemampuan literasi matematis meliputi beberapa komponen yang terdapat dalam kemampuan <em>mathematical thinking</em>. Menurut data PISA rata-rata kemampuan matematis siswa Indonesia masih berada di bawah rata-rata negara-negara yang tergabung dalam OECD. Kemampuan <em>mathematical thinking </em>merupakan kemampuan yang dapat mendukung dalam penugasan ilmu-ilmu lainnya di luar matematika, sehingga meningkatkan kemampuan <em>mathematical thinking </em>sangat penting dalam proses pembelajaran matematika. Model <em>comprehensive mathematics instruction (CMI)</em> diduga dapat membangun kemampuan mathematical thinking siswa, kerangka CMI memiliki semua kriteria sebuah model pembelajaran, dimana setiap syntax-nya menyediakan struktur pedagogis bagi guru untuk membimbing siswa dalam membangun ide, strategi dan respresentasi awal matematis sehingga dapat berkembang menjadi sebuah definisi dan sifat, prosedur dan model matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model <em>comprehensive mathematics instruction (CMI)</em> dapat meningkatkan kemampuan <em>mathematical thinking</em> siswa serta bagaimana dampak model <em>comprehensive mathematics instruction (CMI)</em> terhadap kemandirian belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu <em>(</em><em>quasi-experimental design)</em> dengan desain <em>nonequivalent control group design</em><em>.</em></p>2022-06-14T00:00:00+00:00Copyright (c) 2022 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA)https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/sendinusa/article/view/1319 THE EFFECT OF ENGLISH SONG TO IMPROVE STUDENTS’ PRONUNCIATION AND LISTENING SKILL2022-06-17T02:59:28+00:00Siska Mustika DewiSiskamustikadewi11@gmail.com<p>The purpose of this research is to describe how listening and pronunciation education techniques are through the use of songs and to find out whether the use of songs can help improve students pronunciation and listening skills in learning English. This research is a classroom action research. The population in this study were 2nd grade high school students. This type of research is a test, in the form of an oral test and a written test, observation sheets and documents. Thus, this study can suggest that the use of songs should be used robotically in every learning activity because in these activities students will be able to recognize what they are learning. It is recommended that the use of songs that are simple, fun, enjoyable, comfortable, and convenient to study can also help student learning</p>2022-06-17T00:00:00+00:00Copyright (c) 2022 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA)https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/sendinusa/article/view/1320THE ANALYSIS OF STUDENTS’ ENTHUSIASM IN LEARNING ENGLISH AFTER THE COVID-19 PANDEMIC AT THE ELEVENTH GRADE STUDENTS SMAN 1 JALANCAGAK ACADEMIC YEAR 2021/20222022-06-17T03:02:53+00:00Muhammad Ali Alfaridzialiciaputri374@gmail.com<p>The Covid-19 pandemic has affected various aspects. At least, with the role of technology it is still possible to do online learning. English, as one of the most widely spoken languages and thus being the most studied in many countries, is automatically one of the most important languages to learn. With the pandemic that reduces social interaction and the quality of direct communication. The students’ enthusiasm in learning English decreases because learning is no longer fun and attractive. In fact, at SMAN 1 Jalancagak which is the place where the researcher conducted observations. The researcher found a lot of students' behavior which showed how unenthusiastic they were in learning English. They issue various excuses to the teacher while teaching to avoid English lesson. Therefore, researchers are interested in analyzing the phenomenon of student enthusiasm after the pandemic at SMAN 1 Jalancagak. So this research is called "Analysis of Student's Enthusiasm in Learning English after the COVID-19 Pandemic at the Eleventh grade Students of SMAN 1 Jalancagak Academic Year 2021/2022". Researchers in this study used a qualitative research design. Researchers used several instruments to support this research, including: Observations, interviews, and recordings. With this research, the researcher hopes that the results of this study can become data and references that can be used as discussion material for other researchers and teachers about how to maintain the enthusiasm of students.</p>2022-06-17T00:00:00+00:00Copyright (c) 2022 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA)https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/sendinusa/article/view/1321THE EFFECT OF USING SMALL GROUP DISCUSSION IN TEACHING READING COMPREHENSION2022-06-17T03:13:06+00:00Saiful Fajarsaifulfajar@gmail.com<p><em>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh penggunaan teknik Small Group Discussion dalam pengajaran pemahaman membaca pada siswa kelas sebelas SMA PGRI 1 Subang</em><em>. Penelitian in dilakukan dengan metode kuantitatif dengan desain pre-test dan pos-test pre-eksperimental. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 204 siswa dari total enam kelas. Sampel diperoleh dengan menggunakan purposive sampling yang menghasilkan satu kelas dengan jumlah 32 siswa. Kedua kelas tersebut kemudian ditempatkan secara acak ke dalam kelas experimental dan control. Penelitian ini dilakukan dengan melaksanakan prosedur pemberian pre-test dan post-test. Pre-test diberikan untuk melihat kemampuan dasar siswa dalam membaca sebelum penerapan metode Kelompok Kecil Diskusi dilakukan. Post- test akan mengukur efektivitas penerapan metode Kelompok Kecil Diskusi terhadap prestasi membaca siswa. Data dikumpulkan dari 20 item tes yang diuji kepada siswa sebelum dan sesudah penerapan metode Kelompok Kecil Diskusi. T-test digunakan untuk menghitung data dan untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian ini diasumsikan dapat menguji pengaruh penggunaan teknik Small Group Discussion dalam pengajaran pemahaman membaca pada siswa kelas sebelas SMA PGRI 1 Subang.</em></p>2022-06-17T00:00:00+00:00Copyright (c) 2022 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA)https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/sendinusa/article/view/1322THE EFFECT OF USING MIND MAPPING TECHNIQUE IN WRITING BIOGRAPHY TEXT2022-06-17T03:18:08+00:00Annisa Aurelia Putri Hamdaniaaurelia405@gmail.com<p>English is the international language. English is a foreign language in Indonesia which is important for transferring and acquiring knowledge, science and technology, arts and culture, as well as establishing international relations. Therefore, many sources of knowledge come using English. The connection with this journal is that I will analyze 11th grade students in learning English, by providing correct and appropriate English learning to students, so that it can be sufficient provision to be brought by students to face the next academic level. This study aims to develop an English learning model using the concept of mind mapping techniques at the Vocational High School in Subang. This concept will be applied in learning English. With that students will more easily understand the material that will be given.</p>2022-06-17T00:00:00+00:00Copyright (c) 2022 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA)https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/sendinusa/article/view/1323IMPROVING SPEAKING SKILL THROUGH DIALOG METHOD AT THE ELEVENTH STUDENTS SMAN 1 PAMANUKAN ACADEMIC YEAR 2021/20222022-06-17T03:22:00+00:00Setiadi Aljanisetiadialjani18@gmail.com<p>Speaking is a learning activity based on speaking directly using English, while according to Ladouse (in Nunan, 1991: 23) speaking is an activity to explain someone in a certain situation or an activity to report something. Because learning speaking is very important because speaking itself is a provision for ourselves, so that in the future the benefits of speaking alone can be brave, we can speak in public, increase knowledge, and are required to be active in speaking. Moreover speaking is very much needed in the international field.The use of Speaking by using dialogue techniques will greatly assist students in increasing the courage to speak in public, increasing knowledge and being active in speaking. Because most of the students become less confident when having dialogues in front of the class and are nervous, therefore increasing dialogue techniques will increase self-confidence and will add insight when they want to talk to find new ideas and topics and this technique is one alternative way to improve speaking skill.</p>2022-06-17T00:00:00+00:00Copyright (c) 2022 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA)https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/sendinusa/article/view/1324THE EFFECT OF TASK BASED LEARNING ON STUDENTS’ SPEAKING ABILITY 2022-06-17T03:28:53+00:00Holil Amsoriamsoriholil@gmail.com<p>This study uses a research design Quasi-experimental design-Nonequivalent-Group Design to determine the effect of Task Based Learning on students' speaking ability. This research will be conducted at SMK Negeri 1 Subang, in a blended learning situation in January 2022. The sample of this research is the second semester tenth grade students Teknik Permesinan 1 and Teknik Permesinan 2. There are 71 students who will be involved in the research; 36 students in the experimental class and 35 students in the control class. In collecting data, researcher will conduct treatment after the pre-test and the results will be known after the post-test. In the pre-test, students will be asked to explain or describe themselves in front of the class directly with a minimum duration of 3 minutes. Treatment will be carried out after the pre-test, the experimental group will use the Task Based Learning method and the control group will only use conventional teaching methods, to determine the effect of using Task Based learning as well as to find out whether there is a difference between using TBL and not using TBL. Treatment will be carried out online and offline depending on the class situation in four meetings. The experimental class will be given the task of making videos and the control group will not. In the experimental class, the researcher gave a theme and asked students to make a video about the theme and upload it to the class WhatsApp group after the lesson was finished as an assignment. In the post-test, students will be tested directly in class to explain themselves in 3 minutes. The data from the pre-test and post-test results will be analyzed using the independent sample t-test SPSS 2.0. The results of the study are assumed to indicate that the use of Task Based Learning can affect students' speaking ability.</p>2022-06-17T00:00:00+00:00Copyright (c) 2022 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA)https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/sendinusa/article/view/1325THE EFFECT OF USING PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) IN TEACHING READING COMPREHENSION2022-06-17T03:37:55+00:00Nadia Amilatul FauziahNadiaaf1912@gmail.com2022-06-17T00:00:00+00:00Copyright (c) 2022 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA)https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/sendinusa/article/view/1326THE INFLUENCE OF PUZZLE GAME ON STUDENTS' VOCABULARY MASTERY2022-06-17T03:41:56+00:00Aena Naedi Gustrianaaenagustriana80@gmail.com<p>The purpose of this study was to determine the extent of vocabulary mastery in SMA PGRI 1 Subang students, the researchers applied a method in the classroom that could motivate students to learn vocabulary to find out that crossword puzzles were effective in increasing students' vocabulary or not. The subjects of this study were students of class 10 IPS 2. A class consisting of 36 students. The method used in this research is quantitative technique and pre-experimental research design carried out in one class. Data collection using pre-test and post-test instruments. Researchers conducted tests before (pre-test) and after (post-test). At the first meeting the author gave a pre-test to students to obtain data on students' abilities before using the Puzzle method. Then the writer treats the students. Then at the final meeting students were given a new test to see if the method could affect students' ability to memorize vocabulary.</p>2022-06-17T00:00:00+00:00Copyright (c) 2022 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA)https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/sendinusa/article/view/1327THE EFFECT OF USING SMALL GROUP DISCUSSION IN TEACHING READING COMPREHENSION2022-06-17T03:45:34+00:00Saiful Fajarsaifulfajar@gmail.com<p>The objective of this study was to examine the effect of using Small Group Discussion technique in teaching reading comprehension at eleventh grade students of SMA PGRI 1 Subang. The method of this study is quantitative with a pre-test and post-test pre-experimental design. The population of the research was 204 students from the total of three classes. The sample was obtained by using purposive sampling technique that resulting in one classes with 32 students. Those classes were then randomly assigned into the experimental and control class. The research was conducted by following the procedure giving pre-test and post-test. Pre-test was given to see the student’s basic capability in reading before the treatment was conducted. Post-test will measure the effectiveness of the treatment towards students’ reading achievement in a certain period. The data were collected from test items which are tested to the students before and after treatment. T-test was applied to calculate the data and to test the hypothesis. The results of this study are assumed to be able to determine the effectiveness of using the Small Group Discussion technique in teaching reading comprehension of eleventh grade students of SMA PGRI 1 Subang.</p>2022-06-17T00:00:00+00:00Copyright (c) 2022 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA)https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/sendinusa/article/view/1328ANALYSIS OF THE CAUSES OF LEARNING DIFFICULTIES IN ENGLISH LESSONS2022-06-17T03:49:27+00:00Tesa Monia Apendatesamoniaapenda01@gmail.com<p>English is an important language to learn, because several countries have recognized that English is the language of the world. Therefore, many sources of knowledge come using English. The connection with this journal is that researchers will analyze grade 8 students in learning English, by providing correct and appropriate English learning to students, so that it can be sufficient provision to be brought by students to face the next academic level. This study uses the type of research conducted in the field or field research at SMP Islam Purwadadi. The approach used in this research is a qualitative approach. Researchers used data collection techniques through observation and interviews with English subject teachers, 8th grade students and so on. This study aims to determine the causes of the lack of students' ability in learning English and provide solutions to overcome students' learning difficulties at SMP Islam Purwadadi.</p>2022-06-17T00:00:00+00:00Copyright (c) 2022 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA)https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/sendinusa/article/view/1329THE EFFECT OF STORY COMPLETION TECHNIQUE ON STUDENTS’ SPEAKING ABILITY 2022-06-17T03:53:25+00:00Vina AlfiyahVinaaliyah46@gmail.com<p>The objective of this study is to determine the effect of the Story Completion Technique on the Students’ Speaking Ability. The research design uses a Quasi Experimental Design; None Equivalent Control Group. The place and time of this study will be conducted at SMK Nurul Gina Abidin, Kasomalang in the second semester of the academic year 2021/2022 from January to March 2022. The sample of this research is the X TKJ (Teknik Komputer Jaringan) class students as the Experiment group with 25 students and X TKR (Teknik Kendaraan Ringan) as the Control Group with 25 students. The sampling technique will use purposive sampling. In collecting data, researchers will conduct pretest in Experiment Class and Control Class. Then, the researcher will give Treatment. In Experiment Class, researcher will use the Story Completion technique. Students make a circle while a teacher in a center of circle. Teacher begins telling stories, students continue to make a good story one by one. The control class will only use conventional teaching method. Posttest will give after the researcher carried treatments, it will know the different results between Experiment and Control classes. The instruments of this research are the syllabus, lesson plans, and tests. The primary data collection techniques in this research are pretest and posttest. Data analysis of this research is used SPSS. This Technique assume can effective to the students’ speaking ability.</p>2022-06-17T00:00:00+00:00Copyright (c) 2022 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA)https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/sendinusa/article/view/1330IMPROVING STUDENTS' SPEAKING SKILLS THROUGH THE DESCRIBING METHOD2022-06-17T03:59:56+00:00Novia Hidayahnoviahidayah89@gmail.com<p>The purpose of this research is to improve students speaking ability in English Learning, and does the use of the description method improve students speaking skills, of SMA Negeri 1 Pamanukan has been applied effectively in the classroom. Method of the Research <strong>t</strong>his study was applyed in classroom action research. In the clssroom action research , the teacher gives action to students. New research planning, or research results have not been implemented. This study is entitled Imrpoving Students' Speaking Skills Through the Describing Method, using a descriptive method that aims to improve students' speaking skills using English.</p>2022-06-17T00:00:00+00:00Copyright (c) 2022 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA)https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/sendinusa/article/view/1291Peningkatan Keterampilan Menggiring Bola Dalam Permainan Sepak bola Melalui Bentuk Latihan Bermain Siswa Kelas IV Di SD Negeri Cipancuh Haurgeulis2022-06-13T12:21:55+00:00Adhimas Wahyu Fahrezzyadhimasfahrezzy@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan menggiring boladengan kemampuan siswa SDN Cipancuh Haurgeulis sesuai dengan permasalahan dan tujuan penelitian. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas.Subjek penelitian ini adalah siswa SD Negeri Cipancuh yang berjumlah 25 orang siswa.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai yang diperoleh melalui latihan bermain dapat meningkatkan keterampilan menggiring bola, hal ini terlihat dari nilai rata rata tes kemampuan siswa dalam menggiring bola pada setiap siklus yang mengalami peningkatan rata-rata pada siklus satu 66,40 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 64 %, kemudian meningkat pada siklus dua dengan rata-rata 79,40 dan ketuntasan belajar klasikal sebesar96%.</p>2022-06-13T00:00:00+00:00Copyright (c) 2022 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA)https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/sendinusa/article/view/1279HUBUNGAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI DI KELAS X SMK AL – HUSNA CISALAK2022-06-13T04:57:54+00:00Nadhif Yafinadhif803@gmail.com<p>Permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimanakah Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Di Kelas X SMK Al – Husna Cisalak, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Di Kelas X SMK Al – Husna Cisalak. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK AL – HUSNA Cisalak yang berjumlah 54 siswa, dan sampel penellitian ini adalah siswa kelas X yang terdiri dari BDP,TBSM dan TKJ dengan total siswa kelas X berjumlah 54 siswa. Bentuk penelitian ini adalah Kolerasi menggunakan teknik survei. Variabel penelitian Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Di Kelas X SMK Al – Husna Cisalak, Instrrumen penelitian ini adalah angket.</p>2022-06-13T00:00:00+00:00Copyright (c) 2022 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA)https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/sendinusa/article/view/1280SURVEI MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PJOK DI KELAS XI SMA NEGERI 1 SUBANG2022-06-13T05:12:12+00:00Rudi Maulanarudimaulana510@gmail.com<p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ( 1 ) Sejauh mana minat belajar siswa khususnya di kelas XI SMA Negeri 1 Subang dalam pembelajaran PJOK secara daring. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan survei yang menggunakan desain deskriptif (descriptive design). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Subang yang berjumlah 348 siswa. Teknik sampel yang digunakan adalah <em>cluster sampling</em>, yaitu siswa yang diambil dari 10% dari total populasinya sebanyak 35 siswa SMA Negeri 1 Subang. Instrumen yang digunakan adalah berupa kuesioner atau angket yang dikutip dari ( Sanjaya : 2020). Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik persentase dengan melalui uji validitas dan reliabilitas terlebih dahulu. Hipotesis dalam penelitian ini adalah “terdapat hubungan minat belajar siswa terhadap mata pelajaran PJOK kelas XI SMA Negeri 1 Subang”</p>2022-06-13T00:00:00+00:00Copyright (c) 2022 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA)https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/sendinusa/article/view/1281 PENGARUH LATIHAN MEDIA DINDING TERHADAP PASSING BAWAH (EKSPERIMEN TERHADAP EKTRAKULIKULER DI SMPN 3 PUSAKA NAGARA KABUPATEN SUBANG)2022-06-13T05:26:03+00:00Mochamad Fazaliqa Dwi putraFazaliqadwiputra88@mail.com<p>Olahraga mempunyai peran yang sangat penting dalam kehidupan. Dalam kehidupan modern saat ini manusia tidak dapat dipisahkan dari kegiatan olahraga, baik untuk meningkatkan prestasi maupun kebutuhan dalam menjaga kondisi tubuh agar tetap sehatBerbagai jenis dapat dilakukan salah satu ya adalah permainan bola voli. Salah satu cabang olahraga yang digemari dikalangan masyarakat saat ini yaitu cabang olahraga bola voli, karena olahraga ini dapat dilakukan oleh semua kalangan, baik laki-laki maupun perempuan. Berdasarkan hasil observasi dilapangan sekaligus sebagai pembina ekstrakuliker di SMPN 3 Pusakanagara oleh karena itu diberikan latihan dengan menggunakan media dinding.Penelitan ini berakar dari permasalahan untuk mengetahui pengaruh latihan Media Dinding terhadap passing bawah. Penelitan ini termasuk eksperimen, metode eksperimen dengan sampel tidak terpisahDesain yang digunakan dalam penelitian ini adalah <em>“One Gruop Prettest Posttest Design”</em> atau tidak ada kelompok kontrol, dan subjek tidak ditempatkan secara acak Teknik analis data untuk menganalisis data eksperimen dengan menggunakan uji t paired sampel test. Jika nilai sig<0,05 maka terdapat perbedaan yang signifikan antara latihan passing berpasangan dan pendekatan taktik pada pre-test post-test. <em>Uji t paired sampel test</em> akan dihitung dengan menggunakan program SPSS Versi 22 IBM.</p>2022-06-13T00:00:00+00:00Copyright (c) 2022 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA)https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/sendinusa/article/view/1282KETERAMPILAN SERVIS PENDEK BULUTANGKIS SISWA SMAN 1 PAMANUKAN2022-06-13T05:30:48+00:00Teguh Hadi Permanateguhhadipermana2000@gmail.com<p>Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui tingkat keterampilan servis pendek bulutangkis Siswa kelas X SMAN 1 Pamanukan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa yang kelas X MIPA 3 SMAN 1 Pamanukan yang berjumlah 35 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik <em>total sampling</em>, yaitu dengan mengambil keseluruhan sampel. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes servis pendek bulutangkis yang sudah dimodifikasi. Metode analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, statistik ini ditujukan untuk mengumpulkan data, menyajikan data dan menentukan nilai. Hasil penelitian dituangkan dalam 5 kategori yaitu baik sekali, baik, cukup, kurang dan kurang sekali.</p>2022-06-13T00:00:00+00:00Copyright (c) 2022 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA)https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/sendinusa/article/view/1283PENGARUH LATIHAN CIRCUIT TRAINING TERHADAP VO2MAX ATLET PENCAK SILAT PPS SMI KOMWIL SUBANG2022-06-13T05:38:03+00:00Selly AmeliaSelly28amelia@gmail.com<p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh latihan circuit training terhadap VO2Max atlet pencak silat PPS SMI Komwil Subang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah atlet pencak silat PPS SMI Komwil Subang yang berjumlah 20 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling, yaitu dengan mengambil keseluruhan sampel. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah <em>Multistage Fitness Tes (Bleep Test)</em>. Pengujian data hasil pengukuran yang berhubungan dengan hasil penelitian bertujuan untuk membantu analisis agar menjadi lebih baik. Langkah yang dilakukan adalah dengan menginput data dan menganalisa menggunakan SPSS.</p>2022-06-13T00:00:00+00:00Copyright (c) 2022 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA)https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/sendinusa/article/view/1284SURVEI MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENJAS DI KELAS XI SMA PGRI 1 SUBANG PADA MASA PANDEMI 2022-06-13T11:45:23+00:00Randika Yogaswararandikayogaswara568@gmail.com<p>Permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimanakah minat belajar siswa dalam pembelajaran penjas kelas XI SMA PGRI 1 Subang pada masa pandemi, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui minat belajar siswa dalam pembelajaran penjas di kelas XI SMA PGRI 1 Subang di masa pandemi.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA PGRI 1 Subang yang berjumlah 190 siswa,dan sampel penellitian ini adalah siswa kelas XI MIPA Yang terdiri dari Mipa 1,Mipa 2,dan Mipa 3 dengan total siswa kelas XI MIPA berjumlah 95 siswa. Bentuk penelitian ini adalah Deskriptif kuantitatif menggunakan teknik survei. Variabel penelitian Minat belajar siswa dalam pembelajaran penjas, Instrrumen penelitian ini adalah angket.</p>2022-06-13T00:00:00+00:00Copyright (c) 2022 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA)https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/sendinusa/article/view/1285PENGARUH LATIHAN MENGGUNAKAN METODE JARAK BERTAHAP TERHADAP KETEPATAN SERVIS ATAS BOLA VOLI 2022-06-13T11:51:05+00:00Agus LeoLeoagus197@gmail.com<p>Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari metode jarak bertahap terhadap ketepatan servis siswi ekstakulikuler SMP Negeri 3 Pusakanagara. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen dengan desain yang digunakan adalah “<em>The One Group Pretest-Posttest Design</em>”. Metode latihan yang digunakan adalah metode jarak bertahap dengan tes pengukuran ketepatan menggunakan instrument AAHPER <em>service accuracy</em>. Instrument tersebut memiliki validitas sebesar 0,760 dan reliabilitas sebesar 0,789. Tujuan tes ini untuk mengukur kecakapan dan keterampilan melakukan servis.</p>2022-06-13T00:00:00+00:00Copyright (c) 2022 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA)https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/sendinusa/article/view/1286PENGARUH PENGGUNAAN METODE PERMAINAN 4 ON 4 TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN PASSING BAWAH BOLA VOLI 2022-06-13T11:56:13+00:00Lutfi HardikaMahasiswalama18@gmail.com<p>Banyak faktor yang menjadi penyebab kurangnya peserta didik dalam mengikuti pelajaran penjasorkes khususnya passing bawah bolavoli yang pada akhirnya akan berpengaruh terhadap nilai penjasorkes itu sendiri.Oleh karena itu perlunya metode pembelajaran yang mampu memotivasi peserta didik untuk bergerak, salah satunya adalah metode pembelajaran passing bawah bolavoli menggunakan permainan 4 on 4. Tujuan dari penelitian ini adalah Mengidentifikasi Pengaruh Penggunaan Metode Permainan 4 On 4 Terhadap Peningkatan Keterampilan Passing Bawah Bola Voli Pada Siswa Kelas XI SMK Kesehatan Bhakti Kencana Subang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Pre eksperimen. Dasar penggunaan metode ini adalah kegiatan percobaan yang diawali dengan memberikan test awal kepada subjek dan diakhiri dengan suatu bentuk tes setelah diberikan perlakuan guna mengetahui pengaruh perlakuan yang telah diberikan dengan tidak menggunakan kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Kesehatan Bhakti Kencana Subang tahun pelajaran 2020/2021, sebanyak 30 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data dalam peneilitian ini menggunakan teknik angket dengan kuesioner. Secara Praktis, hasil penelitian ini diharapkan menjadi masukan bagi pihak-pihak yang mengajar siswa di Siswa Kelas XI SMK Kesehatan Bhakti Kencana Subang dalam pelaksanaan pembelajaran.</p>2022-06-13T00:00:00+00:00Copyright (c) 2022 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA)https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/sendinusa/article/view/1287 PENGARUH LATIHAN MENGGIRING BOLA ZIG-ZAG TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN DRIBBLING DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA2022-06-13T12:02:13+00:00Dirgan HIlmawandirganhilmawan13@gmail.com<p>Berkaitan dengan itu secara khusus penulis ingin meneliti tentang pengaruh latihan menggiring bola untuk meningkatkan keterampila dribbling. Teknik menggiring bola merupakan aspek paling dominan dan utama. Apabila pemain kurang menguasai kemampuan menggiring dalam bermain, maka pada saat tertentu dia akan mengalami kesulitan. Artinya dia akan mengalami kesulitan dalam melakukan gerakan menggiring bola.Banyak sekali jenis latihan untuk meningkatkan keterampilan dribbling yang terdapat dalam buku Coorver dan petunjuk latihan sepak bola yang terdapat dalam buku Sneyers. Misalkan dribbling bolak-balik selebar lapangan, dribbling zig-zag, dribbling lurus. Dalam hal ini penulis ingin meneliti pengaruh latihan menggiring bola yang dilaksanakan dengan salah satu metode latihan, yang tidak terdapat dalam buku Coorver (1987 : 10). Satu kelompok dilatih dengan metode menggiring bola sistem pos dan satu kelompok lagi dilatih dengan metode menggiring bola zig-zag.</p>2022-06-13T00:00:00+00:00Copyright (c) 2022 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA)https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/sendinusa/article/view/1288SURVEI PENGARUH DAYA TAHAN TUBUH DALAM KETERAMPILAN BERMAIN PADA BOLA BASKET SATRIA PUSAKA2022-06-13T12:07:04+00:00Nooris Noor Alfiantonorisris665@gmail.com<p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan fisik pemain club bola basket putra Satria pusaka. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Menurut Suharsimi Arikunto (2010: 282), penelitian deskriptif merupakan penelitian yang dimaksudkan untuk mengumpulkan informasi mengenai status suatu gejala yang ada, yaitu keadaan gejala menurut apa adanya pada saat penelitian dilakukan.Penelitian ini tidak menguji hipotesis tertentu. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi penelitian adalah seluruh anggota club satria pusaka di SMPN 1 PUSAKANAGARA yang berjumlah 12 orang putra. Dimana pada penelitian ini sampelnya sebanyak 12 atlet putra, yang akan diambil sebagai sample adalah sebanyak 100% dari jumlah populasi. Untuk mendapat data tentang kondisi fisik atlet bola basket putra Satria pusaka, instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui tes dan pengukuran Bleep tes. Data yang diperoleh oleh peneliti melalui tes dan pengukuran terhadap variabel yang terdapat dalam penelitian berupa Blepp tes. Sebelum di lakukan penelitian di buat hipotesis penelitian atau dugaan awal. Dalam penelitian ini ada hubungan daya tahan dalam keterampilan bermain bola basket club satria pusaka.</p>2022-06-13T00:00:00+00:00Copyright (c) 2022 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA)https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/sendinusa/article/view/1289PENGARUH MODIFIKASI BOLA POLYURETHANE TERHADAP PASSING BOLA TANGAN2022-06-13T12:11:58+00:00Rizky Nur FalahNfrizky193@gmail.com<p>Penelitian untuk mengetahui pengaruh modifikasi bola polyurethane terhadap passing bola tangan di ekstrakuikuler SMKN 1 SUBANG. Penelitian ini mengunakan metode eksperimen dengan , desain rancangan penelitian <em>one grup pretest-posttest</em>. Populasi penelitian adalah berjumlah 20 orang siswa Ekstrakulikuler SMKN 1 Subang. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik simple random sampling ( dilakuka secara acak ). Sampel dalam penelitian ini sampel berdasarkan kemampuan siswa dalam bermain bola tangan maka penulis mengambil sampel dalam penelitian ini berjumlah 20 orang siswa laki-laki di Ekstrakulikuler SMKN 1 Subang. Berdaarkan hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa mengetahui pengaruh modifikasi bola polyurethane terhadap passing bola tangan di ekstrakuikuler SMKN 1 SUBANG.</p>2022-06-13T00:00:00+00:00Copyright (c) 2022 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA)https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/sendinusa/article/view/1290PERBANDINGAN AKURASI PUKULAN BACKHAND OVER HEAD DAN FOREHAND OVER HEAD TERHADAP HASIL DROPSHOT SILANG DALAM PERMAINAN BULUTANGKIS2022-06-13T12:17:12+00:00Ahmad Faris El HakAhmadelhaq0202@gmail.com<p>Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat ketepatan <em>forehand overhead </em>dan <em>backhand overhead </em>terhadap hasil <em>dropshot </em>silang dan mengetahui manakah yang lebih tepat pada PB WINAYA PAGADEN. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah <em>Causal Comparative Reseacrh</em> yaitu penelitian yang menjelaskan atau menentukan penyebab atau konsekuensi dari perbedaan yang terjadi antara kelompok masyarakat. Interpretasi dari penelitian kausal komparasi sangat terbatas, karena peneliti tidak dapat menyatakan bahwa faktor tertentu menjadi penyebab atau hasil dari perilaku yang diobservasi (Fraenkel 1993,hlm 9).</p>2022-06-13T00:00:00+00:00Copyright (c) 2022 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA)https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/sendinusa/article/view/1278TINGKAT DAYA TAHAN TUBUH PADA ATLET BOLA TANGAN PUTRA KABUPATEN SUBANG2022-06-13T04:31:27+00:00Rafi Maulana Muhammadrafimaulana.rm21@gmail.com<p>Istilah ketahanan atau daya tahan dalam dunia olahraga dikenal sebagai kemampuan peralatan organ tubuh olahragawan untuk melawan kelelahan seelama berlangsungnya aktivitas atau kerja, latihan ketahanan dipengaruhi dan berdampak pada kualitas atlet. Oleh karena itu faktor yang berpengaruh terhadap ketahanan adalah kemampuan maksimal dalam memenuhi konsumsi oksigen.Dengan adanya aturan PPKM Kabupaten Subang , tim pelatih memberikan program latihan mandiri untuk menjaga kebugaran dan daya tahan atlet. Karena walaupun aturan PPKM berlaku program latihan juga harus tetap berjalan. Dengan adanya latar belakang diatas maka harus dilakukan pengecekan daya tahan tubuh atlet setelah program latihan mandiri diberikan, untuk menentukan program apa yang kemudian akan diberikan oleh pelatih selanjutnya.</p>2022-06-13T00:00:00+00:00Copyright (c) 2022 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA)https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/sendinusa/article/view/1292SURVEI TINGKAT KEBUGARAN JASMANI SISWA KELAS X MIPA 1 SMAN 2 SUBANG2022-06-13T12:26:15+00:00Yulia Dwi NingsihYuliadwiningsih123@gmail.co<p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani peserta didik kelas X IPA 1 SMA Negeri 2 Subang tahun pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian deskriptif dengan metode survey dengan instrument tes kebugaran jasmani Indonesia (TKJI) kelompok umur 16-19 tahun. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMA Negeri 2 Subang dengan jumlah 36 siswa. Dengan teknik pengambilan sampel melalui purposive sampling yaitu keseluruhan kelas X IPA 1. Hasil penelitian dihitung menggunakan perhitungan deskriptif prosentase, Dari hasil kelima item tes didapat nilai untuk putra rata-rata sebesar 17,41 dengan kriteria baik. Sedangkan untuk putri didapat rata-rata sebesar 16,36 dengan kriteria sedang.Simpulan dari hasil penelitian didapat tingkat kebugaran jasmani peserta didik SMA Negeri 2 Subang kelas X IPA 1.</p>2022-06-13T00:00:00+00:00Copyright (c) 2022 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA)https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/sendinusa/article/view/1293SURVEI MOTIVASI KESADARAN BEROLAHRAGA SISWA TERHADAP EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI SMP PLUS AL AZHAR KECAMATAN TAMBAKDAHAN2022-06-13T12:32:22+00:00Setio Agung PambudiSetioagung1230@gmail.com<p>Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif yang menggunakan rancangan penelitian "deskriptif". Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; bgaiman motivasi pada siswa ekstrakurikuler bola voli di SMPPlus Al-Azhar. Populasinya adalah seluruh siswa laki-laki yang mengikuti ekstrakurikuler bola voli SMP Plus Al-Azhar yang berjumlah 40 siswa dengan jumlah sampel penelitian adalah 40 orang siswa,berumur rentang 13-15 tahun yang dipilih secara total sampling dimana teknik pengambilan sampel yang jumlah sampel sama dengan populasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi siswa ekstrakurikuler bola voli SMP Plus Al-Azhar dalam kategori sangat tinggi 5% (2 siswa), tinggi 22% (9 siswa), kategori sedang sebesar 42% (17siswa), kategori rendah 15%(6 siswa), dan ketegori rendah sekali 15% (6 siswa).</p>2022-06-13T00:00:00+00:00Copyright (c) 2022 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA)https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/sendinusa/article/view/1294TINGKAT VO2MAX SISWA SEPAKBOLA U17 DI SSB CAKRA INDRAMAYU2022-06-13T12:44:20+00:00Aden Agung Prastiyaadenagungprastiya@gmail.com<p>Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui (1) Tingkat VO2Max Siswa SSB Cakra Indramayu U17. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah atlet putra SSB U17 Cakra Indramayu yang berjumlah 22 orang. Teknik sampel yang digunakan adalah total sampling, yaitu teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel (Sugiyono 2014:124). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan pengukuran multi stage fitnes test (MFT) atau bleep tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistic deskriptif. Hipotesis dalam penelitian ini adalah Pengaruh adanya VO2Max dengan Siswa SSB Cakra Indramayu U-17</p>2022-06-13T00:00:00+00:00Copyright (c) 2022 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA)https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/sendinusa/article/view/1295MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA2022-06-14T00:20:33+00:00Fika SuryasusantiFikaas227@gmail.com<p>Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode studi literatur. Studi literatur dilakukan dengan menyusun ringkasan analisis dari badan penelitian mengenai suatu masalah penelitian tertentu dengan cara menggambarkan, mengevaluasi, dan mengklarifikasi pengetahuan yang sudah diketahui pada suatu bidang subjek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan model <em>discovery learning</em>(model penemuan) yang ditinjau dari gaya belajar visual, auditori dan kinestetik.</p>2022-06-14T00:00:00+00:00Copyright (c) 2022 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA)https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/sendinusa/article/view/1296Penerapan Model Pembelajaran Open-Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis2022-06-14T00:26:28+00:00Agi Fhauziyahprasetiyofajararif@gmail.com<p>Penelitian ini dilatar belakangi kemampuan berpikir kreatif matematis yang rendah. Alternantif pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan tersebut adalah pendekatan open-ended. Tujuan penelitian ini adalah mengukur peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu menggunakan 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Desain yang digunakan yaitu <em>The Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group</em> Desain. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah berbentuk soal urraian (Essay) Hasil penelitian yang diharapkan yaitu penerapan medel pembelajaran open-ended dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis.</p>2022-06-14T00:00:00+00:00Copyright (c) 2022 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA)https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/sendinusa/article/view/1297PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING (CORE) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMA2022-06-14T00:35:22+00:00Iis Sugiartiprasetiyofajararif@gmail.com<p>Koneksi matematis merupakan suatu kemampuan yang penting yang harus dimiliki siswa karena kemampuan ini memandang matematika sebagai suatu kesatuan bukan sebagai materi yang berdiri sendiri merupakan dan masih perlu mendapat perhatian guru dalam proses pembelajaran matematika dikelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan Model Pembelajaran <em>Connecting</em>, <em>Organizing</em>, <em>Reflecting</em>, <em>Extending</em> (CORE) dibandingkan siswa yang memperoleh pembelajaran ekpositori. Pendekatan penelitian yaitu pendekatan kuantitatif. Metode Penelitian yang digunakan adalah <em>nonequivalen control group design</em><em>.</em> Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Subang, sedangkan sampel adalah siswa kelas XI Mipa 4 (kelas eksperimen) dan siswa kelas XI Mipa 3 (kelas kontrol) dengan teknik <em>purposive sampling.</em> Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan tes hasil belajar siswa. Penelitian ini diduga bahwa peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran CORE lebih baik daripada siswa yang mengunakan pembelajaran ekpositori dan menunjukan sikap positif siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran CORE</p>2022-06-14T00:00:00+00:00Copyright (c) 2022 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA)https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/sendinusa/article/view/1298PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE 7E (ELICIT, ENGAGE, EXPLORE, EXPLAIN, ELABORATE, EVALUATE, EXTEND) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA2022-06-14T00:42:26+00:00Nita Natasyanatasyanita14@gmail.com<p>Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model <em>learning cycle</em> <em>7E (Elicit, Engage, Explore, Explain, Elaborate, Evaluate, Extend)</em> lebih baik dibandingkan dengan peningkatan keaktifan belajar siswa yang memperoleh metode pembelajaran konvensional. (2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model <em>learning cycle</em> 7E <em>(Elicit, Engage, Explore, Explain, Elaborate, Evaluate, Extend) </em>lebih baik dibandingkan dengan peningkatan hasil belajar siswa yang memperoleh metode pembelajaran konvensional. (3) Untuk mengetahui sikap siswa terhadap penerapan pembelajaran matematika menggunakan model <em>learning cycle</em> 7E <em>(Elicit, Engage, Explore, Explain, Elaborate, Evaluate, Extend)</em>. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (<em>quasi experiment</em>) dengan metode kuantitatif. Desain yang digunkan dalam penelitian ini adalah <em>the nonequivalent pretest-postest control group design</em>, dimana sebelum dilakukan penelitian setiap kelas dibeli <em>pretest</em> tujuannya untuk mengetahui kemampuan awal siswa. Adapun selama penelitian berlangsung kelas eksperimen di beri perlakuan dan kelompok kelas kontrol tidak diberi perlakuan khusus. Kemuadian diakhir penelitian, masing-masing kelas di beri <em>posttest </em>tujuannya untuk melihat bagaimana hasilnya, apakah ada perbedaan atau tidak dari masing-masing kelas eksperimen dan kelas kontrol. Untuk hasil masih dalam tahap perencanaan rencananya akan di laksanakan di SMA Negeri 2 Subang dengan sampel X MIPA 7 sebanyak 35 siswa sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 8 sebanyak 34 peserta didik sebagai kelas kontrol.</p>2022-06-14T00:00:00+00:00Copyright (c) 2022 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA)https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/sendinusa/article/view/1299PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE ACCELERATED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN ADAPTIF SISWA MTS AL-WAAHIDAH2022-06-14T00:47:30+00:00Agustian Dedeprasetiyofajararif@gmail.com<p>Kemampuan penalaran adaptif siswa adalah salah satu kemampuan yang harus dikuasai oleh siswa agar mampu berpikir logis dalam memberikan alasan, menarik kesimpulan berdasarkan fakta-fakta dan dapat membuktikan secara matematis berdasar pengetahuan yang didapat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penalaran adaptif siswa dan mengetahui sikap siswa jika diterapkan pembelajaran <em>Accelerated Learning</em>. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Accelerated Learning terhadap kemampuan penalaran adaptif siswa. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi penelitian adalah siswa kelas VIII-A sebagai kelas kontrol dan siswa VIII-B sebagai kelas eksperimen di MTs Al-Waahidah. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini, berupa instrumen inti yaitu tes dan non tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji statistik deksriptif dan uji inferensial.</p>2022-06-14T00:00:00+00:00Copyright (c) 2022 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA)https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/sendinusa/article/view/1300MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN OPEN ENDED2022-06-14T00:50:32+00:00Zahrotul M Almaalma23zm@gmail.com<p>Kemampuan pemecahan masalah matematis adalah salah satu kemampuan yang harus dikuasai oleh siswa agar mampu memecahkan masalah secara matematis yang sering dijumpai di kehidupan nyata. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan mengetahui sikap siswa jika diterapkan pembelajaran <em>open ended</em>. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran <em>open ended</em> terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi penelitian adalah siswa kelas VIII-A sebagai kelas kontrol dan siswa VIII-B sebagai kelas eksperimen di MTs Darul Hikmah Purwakarta. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini, berupa tes soal uraian kemampuan pemecahan masalah matematis sebanyak 5 soal. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan mengelompokkan siswa berdasarkan hasil Penilaian Tengah Semester (PTS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kesulitan mengerjakan soal nomor lima. Dan baik siswa kelompok kontrol maupun kelompok eksperimen kurang menguasai indikator ke-4 yaitu memeriksa kebenaran jawaban.</p>2022-06-14T00:00:00+00:00Copyright (c) 2022 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA)https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/sendinusa/article/view/1301Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Ditinjau Dari Hasil Belajar Siswa2022-06-14T00:58:29+00:00Siti AinayahSitiainayah21@gmail.com<p>Kemampuan berpikir kreatif siswa di Indonesia cenderung masih kurang. Hasil studi <em>Trends in International Mathematic and Science Study </em>(TIMSS) pada tahun 2011 menunjukkan bahwa Indonesia berada di posisi 3 terbawah dari keseluruhan 32 Negara yang berpartisipasi. Skor IPA yang dimiliki siswa di Indonesia adalah 406 dari standar IPA yang ditentukan yaitu 500. Model <em>problem based learning</em> (PBL) diduga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model <em>problem based learning</em> dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif yang ditinjau dari hasil belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan menggunakan 2 kelompok, kelompok kelas eksperimen dan kelompok kelas kontrol. Desain yang digunakan berbentuk <em>pre-test post-test control group desain .</em>Adapun instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berbentuk uraian dan angket. Hasil penelitian ini diharapkan bahwa model pembelajaran<em> problem based learning</em> dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang ditinjau dari hasil belajar siswa.</p>2022-06-14T00:00:00+00:00Copyright (c) 2022 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA)https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/sendinusa/article/view/1302Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dengan Menggunakan Metode Realistic Mathematics Education (RME)2022-06-14T01:02:23+00:00Tia Isbandinitiaisbandini123@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis siswa, dilatarbelakangi oleh hasil-hasil penelitian terdahulu menunjukan bahawa kemampuan pemecahan masalah matematis belum sesuai dengan yag diharapkan. Pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis salah satunya dengan penerapan model Realistic Mathematics Education (RME). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen berguna untuk mencari hubungan variabel tertentu terhadap variabel lain. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMAN 1 Jalancagak. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Pada penelitian ini melibatkan dua kelas menurut kehomogenan kemampuan-kemampuan kelas yang dipilih secara acak kelas, kedua kelas dibagi menjadi 2 yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh kesimpulan bahwa : (1) adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis pada siswa yang mendapatkan pembelajaran model Realistic Mathematics Education (RME) dibandingkan dengan kelas yang diajarkan dengan model pembelajaran ekpositori.(2) rata-rata nilai siswa ekperimen yang diterapkan model Realistic Mathematics Education (RME) lebih tinggi dibandingkan rata-rata kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran ekspositori.</p>2022-06-14T00:00:00+00:00Copyright (c) 2022 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA)https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/sendinusa/article/view/1303Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa2022-06-14T01:06:48+00:00Tri Gustinigustinitri66@gmail.comYanry Budianingsihyanrybuadianingh@gmail.com<p>Kemampuan representasi matematis merupakan salah satu dari lima standar proses dalam pembelajaran matematika. Representasi matematis merupakan suatu ungkapan dari ide dan gagasan siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan representasi matematis siswa dengan menggunakan model <em>problem based learning </em>di SMK Negeri 1 Subang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan metode kuasi eksperimen. Desain <em>Nonequivalent Control Group Design </em>digunakan sebagai desain penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMK Negeri 1 Subang yang terbagi dalam 22 kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah metode <em>Probability Sampling</em> dengan menggunakan teknik <em>Simple Random Sampling </em>(sampel acak sederhana) yaitu pengambilan sampel secara acak. Penelitian ini menggunakan sampel 2 kelas yang dipilih secara acak dari 22 kelas yang tersedia. Instrumen dalam penelitian ini berupa soal uraian (essay) yang dibuat untuk mengukur kemampuan representasi matematis siswa dalam bentuk <em>Pretest</em> dan <em>Post-test</em>. Dalam penelitian ini menggunakan dua kelompok yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol Pada kelas eksperimen diterapkan pembelajaran menggunakan model <em>Problem Based Learning</em> (PBL) sedangkan untuk kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional.</p>2022-06-14T00:00:00+00:00Copyright (c) 2022 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA)