SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN KEGIATAN DAN ANGGARAN KAS DEWAN KEMAKMURAN MASJID (DKM) MASJID DARUSSALAM

Authors

  • Mia Dwi Lestari
  • Bambang Tjahjo Utomo

Keywords:

Sistem Informasi, Dewan Kemakmuran Masjid, Rational Unified Proccess (RUP)

Abstract

Pengelolaan kegiatan dan anggaran kas Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) sangatlah penting dalam proses perawatan dan kemakmuran suatu masjid. Kegiatan-kegiatan di DKM diawali dengan pembuatan rencana kegiatan dalam periode tertentu. Penyebaran informasi yang akurat akan berdampak baik pada setiap kegiatan karena bisa mengundang para donatur untuk membantu kegiatan tersebut. Begitu pula dengan anggaran kas, penyampaian informasi yang baik menumbuhkan rasa percaya di lingkungan masyarakat.

Metode pengembangan yang digunakan untuk membangun sistem ini adalah metode Rational Unified Proccess yang meliputi fase Inception, Elaboration, Construction dan Transtition. Dengan alur kerja yang digunakan berupa buisnes modeling, reqruitments, analysis, design, implementation, dan test.

Hasil dari penelitian ini menghasilkan sebuah website sistem informasi pengelolaan kegiatan dan anggaras kas DKM yang mengelola dan menyediakan informasi mengenai kegiatan dan anggaran kas. Sistem ini bertujuan sebagai media informasi kegiatan-kegiatan dan transparansi anggaran untuk membangun kepercayaan masyarakat terhadap kemajuan dan kemakmuran masjid.

Downloads

Published

2022-09-23

Issue

Section

Articles