SISTEM INFORMASI PENDISTRIBUSIAN GAS LPG 3KG PADA PT. CLIENSA SATRIA CITA GEMILANG DI KABUPATEN SUBANG

Authors

  • Maya Destriani
  • Bambang Tjahjo Utomo

Keywords:

Pendistribusian, Sistem Informasi, Gas LPG 3kg

Abstract

Cliensa Satria Cita Gemilang merupakan salah satu Agen di kabupaten Subang. Tugas Pokok dari perusahaan PT. Cliensa Satria Cita Gemilang ini adalah menyalurkan LPG bersubsidi dari SPPBE ke pangkalan yang telah terdaftar di Pertamina. PT Cliensa Satria Cita Gemilang memiliki kurang lebih 60 pangkalan yang tersebar di kabupaten subang. PT Cliensa Satria Cita Gemilang memiliki kewenangan dalam menambah atau mengurangi jumlah pangkalan atau alokasi tiap-tiap pangkalannya, namun dari sisi harga dan jumlah elpiji yang harus disalurkan setiap harinya ditentukan oleh pertamina dan diawasi oleh perundang-undangan yang berlaku. Dalam proses pendistribusian gas pada PT. Cliensa Satria Cita Gemilang masih belum adanya ketetapan pendistribusian dan transfarasi pengiriman dari agen ke pangkalan, sehingga dalam upaya membantu PT. Cliensa Satria Cita Gemilang maka penelitian ini di arahkan kepada pengembangan system pada PT Cliensa Satria Cita Gemilang agar lebih efektif dan efisien.

Metode pengembangan perangkat lunak yang digunakan adalah metode UP (Unified Process), dengan metode ini tahapan pengerjaan dibagi menjadi 3 (tiga) fase pengerjaan yang terbagi menjadi 4 (empat) jenis kegiatan. Dengan metode ini, pengembangan sistem pendistribusian gas, secara teoritis akan lebih selesai, karena dengan beberapa kegiatan yang bersifat multitasking.

Hasil dari pada pengembangan sistem informasi pendistribusian gas ini adalah sebuah sistem software berbasiskan aplikasi web, hasil tersebut dapat memeberikan gambaran umum bagaimana system software berjalan

Downloads

Published

2022-09-15

Issue

Section

Articles