ANALISIS FRAMING BERITA MEDIA ONLINE. Pemberitaan pengangkatan Ahok sebagai komisaris utama PT Pertamina di media online kompas.com dan detik.com.

Authors

  • Asep Awaludin, Sri Yuniar Pratama

Keywords:

Ahok, Analisis Framing, Komisaris Utama Pertamina

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis kualitatif dengan metode analisis framing Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki. Analisis ini menggunakan teknik document research yang artinya peneliti hanya meneliti scrip atau naskah berita mengenai Pemberitaan Pengangkatan Ahok sebagai komisaris utama PT Pertamina di media online kompas.com dan detik.com.

Setelah penelitian dilakukan, pengemasan berita kedua portal media online kompas.com dan detik.com mengutamakan unsur kelengkapan berita yakni 5W+1H. Pemilihan narasumber berdasarkan kepentingan dalam memenuhi framing yang akan media ciptakan. Konstruksi yang diberitakan oleh wartawan menunjukan kecenderungan bahwa apa yang disampaikan sesuai dengan kejadian yang sebenarnya

Downloads

Published

2022-08-18

How to Cite

Asep Awaludin, Sri Yuniar Pratama. (2022). ANALISIS FRAMING BERITA MEDIA ONLINE. Pemberitaan pengangkatan Ahok sebagai komisaris utama PT Pertamina di media online kompas.com dan detik.com. OMNICOM: Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(2), 1–7. Retrieved from http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/FIKOM/article/view/1375

Issue

Section

Articles