ANALISIS FRAMING BERITA MEDIA ONLINE. Pemberitaan pengangkatan Ahok sebagai komisaris utama PT Pertamina di media online kompas.com dan detik.com.
Keywords:
Ahok, Analisis Framing, Komisaris Utama PertaminaAbstract
Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis kualitatif dengan metode analisis framing Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki. Analisis ini menggunakan teknik document research yang artinya peneliti hanya meneliti scrip atau naskah berita mengenai Pemberitaan Pengangkatan Ahok sebagai komisaris utama PT Pertamina di media online kompas.com dan detik.com.
Setelah penelitian dilakukan, pengemasan berita kedua portal media online kompas.com dan detik.com mengutamakan unsur kelengkapan berita yakni 5W+1H. Pemilihan narasumber berdasarkan kepentingan dalam memenuhi framing yang akan media ciptakan. Konstruksi yang diberitakan oleh wartawan menunjukan kecenderungan bahwa apa yang disampaikan sesuai dengan kejadian yang sebenarnya
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 OMNICOM: Jurnal Ilmu Komunikasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.