STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM PEMBENTUKAN SIKAP PERCAYA DIRI

Studi Deskriftif Kualitatif pada Guru Pendidikan Sekolah Luar Biasa Negeri Subang Kel. Karang Anyar Kec. Subang Kab.Subang Jawa Barat

Authors

  • Yulita Universitas Subang

Keywords:

Strategi Persuasif, Komunikasi Persuasif, Sikap Percaya Diri

Abstract

Pendidikan berfungsi untuk membentuk, membangun dan menumbuhkan kepribadian. Pembelajaran serta interaksi yang dilaksanakan oleh guru bersama siswa di kelas memiliki peranan penting dalam pembentukan sikap. Pendidikan luar biasa memerlukan strategi komunikasi baik dalam pembelajaran maupun dalam bimbingan perilaku dan perlu diberikan sebuah bimbingan secara terus menerus dan sistematis di harapkan dapat membantu dan menumbuhkan sikap percaya diri sehingga dapat mengembangkan potensi yang ada pada dirinya.

Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik mengenai strategi komunikasi persuasif menggunakan metode kualitatif deskriptif, peneliti mendeskripsikan bagaimana strategi komunikasi persuasif dalam pembentukan sikap percaya diri (pada guru kepada murid di SLB Negeri Subang).

Hasil penelitian ini, psikodinamika lebih kepada pemberian sebuah pengetahuan yang ditanamkan dengan kedekatan emosional dan menimbulkan faktor psikologis, sosiokultural  faktor lingkungan yang mempengaruhi perilaku yaitu guru memanfaatkan faktor lingkungan sekolah dan lingkungan teman atau keluarganya, the meaning construction pemahaman atas suatu hal yaitu guru memanipulasi pesan baik secara verbal maupun non verbal yang lebih dapat dipahami oleh murid. Setelah penelitian dilakukan, peneliti dapat menemukan gambaran lebih jelas mengenai strategi komunikasi persuasif .

Downloads

Published

2022-10-25

How to Cite

Yulita. (2022). STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM PEMBENTUKAN SIKAP PERCAYA DIRI: Studi Deskriftif Kualitatif pada Guru Pendidikan Sekolah Luar Biasa Negeri Subang Kel. Karang Anyar Kec. Subang Kab.Subang Jawa Barat. OMNICOM: Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(2). Retrieved from http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/FIKOM/article/view/1443

Issue

Section

Articles