STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM PEMBENTUKAN SIKAP PERCAYA DIRI
Studi Deskriftif Kualitatif pada Guru Pendidikan Sekolah Luar Biasa Negeri Subang Kel. Karang Anyar Kec. Subang Kab.Subang Jawa Barat
Keywords:
Strategi Persuasif, Komunikasi Persuasif, Sikap Percaya DiriAbstract
Pendidikan berfungsi untuk membentuk, membangun dan menumbuhkan kepribadian. Pembelajaran serta interaksi yang dilaksanakan oleh guru bersama siswa di kelas memiliki peranan penting dalam pembentukan sikap. Pendidikan luar biasa memerlukan strategi komunikasi baik dalam pembelajaran maupun dalam bimbingan perilaku dan perlu diberikan sebuah bimbingan secara terus menerus dan sistematis di harapkan dapat membantu dan menumbuhkan sikap percaya diri sehingga dapat mengembangkan potensi yang ada pada dirinya.
Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik mengenai strategi komunikasi persuasif menggunakan metode kualitatif deskriptif, peneliti mendeskripsikan bagaimana strategi komunikasi persuasif dalam pembentukan sikap percaya diri (pada guru kepada murid di SLB Negeri Subang).
Hasil penelitian ini, psikodinamika lebih kepada pemberian sebuah pengetahuan yang ditanamkan dengan kedekatan emosional dan menimbulkan faktor psikologis, sosiokultural faktor lingkungan yang mempengaruhi perilaku yaitu guru memanfaatkan faktor lingkungan sekolah dan lingkungan teman atau keluarganya, the meaning construction pemahaman atas suatu hal yaitu guru memanipulasi pesan baik secara verbal maupun non verbal yang lebih dapat dipahami oleh murid. Setelah penelitian dilakukan, peneliti dapat menemukan gambaran lebih jelas mengenai strategi komunikasi persuasif .
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 OMNICOM: Jurnal Ilmu Komunikasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.