Potensi Energi Mikro Hidro Sungai Ciherang Desa Pasanggrahan Kecamatan Bojong Kabupaten Purwakarta

Authors

  • Novandri Tri Setioputro

Keywords:

Desa Pasanggrahan, Debit, beda tinggi, potensi energi mikro hidro, PLTMH, desa mandiri energi

Abstract

Keadaan geografis kabupaten Purwakarta yang berkontur perbukitan dan banyaknya  sungai-sungai yang mengalir di dalamya maka secara teori memiliki potensi energi air. Potensi energi air ini dapat dikembangkan menjadi Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH). Pembangunan PLTMH baru merupakan salah satu pengembanggan potensi sumber daya alam desa untuk peningkatan kemandiriaan desa khususnya kemandirian energi.

Salah satu lokasi/tempat yang secara teori memiliki potensi energi air adalah Sungai Ciherang yang berada Desa Pasanggrahan Kecamatan Bojong Kabupaten Purwakarta. Sungai Ciherang di lokasi mengalir sepanjang tahun dan berada didaerah aliran deras. Topografi Aliran Sungai Ciherang di Desa Pasanggrahan memilki garis kontur yang rapat dan kondisi lahan relatif stabil karena tidak terlalu terjal untuk lokasi PLTMH direncanakan. Berdasarkan kegiatan survei potensi energi mikro hidro yang dilakukan dilapangan, diperoleh beda ketinggian (haed) pengukuran menggunakan Altimeter yaitu sebesar 40 ± 3 meter dan pengukuran debit yang dilakukan diperoleh sebesar yaitu 0,4873 m3/s atau 487,3 l/s dalam kondisi musim hujan. Sehingga dengan beda ketinggian dan debit yang ada maka akan menghasilkan potensi energi air sebesar 191,23 Kilowatt.

Desa Pasanggrahan adalah salah satu desa sedang berkembang yang terus mengembangkan potensi desanya untuk meningkatkan kesejahteraannya. Salah ikon telah berhasil adalah penataan rumah panggung/rumah adat sunda di Kampung Tajur sehingga Kampung Tajur menjadi kampung wisata. Desa Pasanggrahan berupaya terus mengembangkan potensinya yang salah satunya sumber daya potensi energi mikro hidro yang berada di Sungai Ciherang sekitar Kampung Tajur sehingga pengembangan potensi energi mikro hidro dilokasi ini memberikan kontribusi peningkatan kesehjahteraan Desa Pasanggrahan. Pengembangan potensi energi mikro hidro menjadi PLTMH melalui skema ongrid/interkonaksi ke PLN dan produksi listrik PLTMH dijual ke PLN. Hasil jual beli listrik antara PLTMH dengan PLN selanjutnya menjadi pendapatan desa yang akan digunakan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desanya.

Berdasarkan hasil survai, observasi, wawacara dan analisa data potensi energi mikro hidro ini bahwa potensi energi air Sungai Ciherang di Desa Pasanggrahan layak untuk dimanfaatkan menjadi PLTMH. Dan diharapkan hasil kajian studi potensi energi mikro hidro Sungai Ciherang di Desa Pasanggrahan Kecmatan Bojong Kabupaten Purwakarta dapat dilanjutkan ke tahap studi kalayakan dan desain enginnering detail.

Downloads

Published

21-10-2017

How to Cite

Setioputro, N. T. (2017). Potensi Energi Mikro Hidro Sungai Ciherang Desa Pasanggrahan Kecamatan Bojong Kabupaten Purwakarta. MESA (Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Sipil, Teknik Arsitektur), 2(1), 1. Retrieved from http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/FTK/article/view/120