UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO DI KELAS V SDN KARANGBUNGUR KECAMATAN TANJUNGSIANG KABUPATEN SUBANG

Authors

  • Isuh Ihya Ulumudin SDN Karangbungur Kecamatan Tanjungsiang Kabupaten Subang

Keywords:

Hasil Belajar IPS, Metode Pembelajaran Portofolio

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberi gambaran pemahaman siswa kelas V SDN Karangbungur dan meningkatkan pemahaman siswa dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) khususnya kompetensi dasar menghargai jasa para pahlawan. Penelitian dilaksanakan di SDN Karangbungur Kecamatan Tanjungsiang Kabupaten Subang, yang menjadi subyek penelitian adalah siswa kelas V dengan jumlah 36 orang (siswa 16 orang dan siswi 20 orang). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang setiap siklus terdiri atas (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi dan (4) Refleksi. Perencanaan dimulai dengan melihat kondisi awal siswa, kemudian menyiapkan instrumen-instrumen pembelajaran dan pengumpulan data. Instrumen pembelajaran terdiri atas Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS). Sedangkan instrumen pengumpulan data terdiri atas Lembar Observasi, Catatan Lapangan, Angket dan Pedoman Wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah penelitian ini dilaksanakan ada peningkatan dalam proses pembelajaran di kelas dan kemampuan pemahaman siswa dalam mata pelajaran Ilmu Pendidikan Sosial (IPS) khususnya kompetensi dasar yang menjadi bahan penelitian ada peningkatan. Selain itu melalui pembelajaran berbasis portofolio aktivitas siswa dalam proses pembelajaran meningkat terlihat dari kerja sama, toleransi, dan berani mengemukakan pendapat muncul dengan baik. Respon siswa terhadap pembelajaran sangat baik, terlihat dari situasi belajar yang menyenangkan terjadi di dalam kelas. Akhirnya permasalahan yang ditemukan dalam lapangan dapat dipecahkan dan diselesaikan.

Downloads

Published

2021-03-28

How to Cite

Ulumudin, I. I. . (2021). UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO DI KELAS V SDN KARANGBUNGUR KECAMATAN TANJUNGSIANG KABUPATEN SUBANG. JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 4(1), 102–110. Retrieved from http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/1042