PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMAHAMI MATERI HAK ASASI MANUSIA
(Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Siswa Kelas VI SD Negeri Ekanugraha Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018)
Keywords:
Hak asasi manusia, Kemampuan siswa, Model pembelajaran mind mappingAbstract
Hasil ulangan pada materi Hak Asasi Manusia yang hanya 5 (31,25%) siswa yang memenuhi nilai KKM sekolah 69, sementara 11 (68,75%) siswa belum lulus KKM karena kurang memahami dan memanfaatkan nilai-nilai Hak Asasi Manusia dalam kehidupannya di sekolah. Rumusan permasalahan pada penelitian ini adalah kemampuan siswa kelas VI dalam memahami materi Hak Asasi Manusia masih rendah. Dengan demikian : “Bagaimanakah penerapan model pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas VI SD Negeri Ekanugraha semester genap tahun pelajaran 2017/2018 dalam memahami materi hak asasi manusia?”. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas VI SD Negeri Ekanugraha semester genap tahun pelajaran 2017/2018 dalam memahami materi hak asasi manusia melalui penerapan model pembelajaran mind mapping. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan siswa dalam memahami materi hak asasi manusia dapat dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran mind mapping. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan prestasi belajar dari siklus 1 ke siklus 2. Hasil post test siklus 1 mencapai nilai rata-rata 69,69 pada kategori cukup dengan prosentase kelulusan 56,25% dan pada siklus 2 meningkat nilai rata-rata post test menjadi 88,75 pada kategori baik dengan tingkat prosentase kelulusan 87,50%. Jadi prestasi belajar mengalami peningkatan sebesar 12,50.