UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN METODE DISKUSI DENGAN SKOR BINTANG PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS VII B SMP NEGERI 3 SUBANG
DOI:
https://doi.org/10.35569/jpg.v5i2.1476Keywords:
Metode Diskusi, Peningkatan Motivasi Belajar, Skor BintangAbstract
Metode Diskusi merupakan salah satu alternatif metode pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran IPA. Metode ini dapat menyebabkan siswa menjadi aktif karena siswa diberi kesempatan untuk mengemukakan pendapat dalam memecahkan sebuah masalah sehingga potensi siswa tergali secara maksimal. Namun seringkali siswa yang aktif hanya orang–orang tertentu saja. Penulis mencoba menerapkan metode pendekatan baru yaitu metode diskusi dengan skor bintang yang diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Dalam metode pembelajaran ini siswa dituntut untuk aktif mengeluarkan pendapat karena setiap siswa mendapat skor bintang ketika berbicara.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode diskusi dengan skor bintang dapat meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran IPA khususnya pada materi Pencemaran Lingkungan.Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di kelas VII B SMPN 3 Subang. Penelitian difokuskan pada pengamatan aktifitas siswa dalam pembelajaran untuk melihat peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan metode diskusi dengan skor bintang pada materi Pencemaran Lingkungan.Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa setelah penggunaan Metode Diskusi dengan skor bintang. Kegiatan belajar mengajar di dalam kelas bisa dikatakan aktif karena skor rata rata aktivitas siswa dalam KBM diatas 3 terutama pada siklus II yang mencapai rata- rata skor 4,11. Dari hasil pengolahan angket, terlihat pada umumnya siswa termotivasi untuk belajar terbukti sebanyak 29,12 % menyatakan sangat setuju dan 67,02 % menyatakan setuju terhadap pernyataan yang sifatnya mendukung pada metode pembelajaran yang diterapkan. Sedangkan dari hasil wawancara, umumnya siswa berpendapat bahwa penggunaan metode ini telah meningkatkan motivasi belajar, karena pembelajaran menjadi tidak membosankan dan menantang. Dengan penggunaan metode ini, motivasi belajar siswa menjadi meningkat. Siswa yang tadinya hanya sebagian kecil saja yang aktif, dengan model ini ternyata hampir seluruhnya ikut aktif dalam pembelajaran.