PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN MELALUI STRATEGI PROBLEM BASED LEARNING

(Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas 2 SDN Kasomalang VIII Kecamatan Kasomalang Tahun 2022/2023)

Authors

  • Rukinah Rukinah SDN Kasomalang VIII

Keywords:

Kemampuan Berhitung, Penjumlahan dan Pengurangan, Problem Based Learning, Strategi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk : 1) untuk mengetahui penerapan strategi problem based learning dalam materi berhitung penjumlahan dan pengurangan di kelas 2   SDN Kasomalang VIII,  2) untuk mengetahui peningkatan kemampuan berhitung penjumlahan dan pengurangan siswa kelas 2 SDN Kasomalang VIII. Metode penelitian ini menggunakan PTK model Kurt Lewin. Subjek penelitian ini adalah 25 siswa kelas 2 SDN Kasomalang VIII Kecamatan Kasomalang. Tindakan dalam penelitian ini ada 2 siklus (Siklus I dan Siklus II). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Penerapan strategi problem based learning pada kemampuan berhitung penjumlahan dan pengurangan dilakukan 2 siklus dengan hasil yang berbeda. Pada Siklus I hasil observasi aktivitas guru adalah 87.5 (sangat baik) dan hasil observasi aktivitas siswa adalah 82.8 (baik). Sedangkan pada Siklus II mengalami peningkatan, hasil observasi aktivitas guru adalah 92 (sangat baik) dan hasil observasi aktivitas siswa adalah 89 (sangat baik). 2) Peningkatan kemampuan berhitung penjumlahan dan pengurangan siswa kelas 2 SDN Kasomalang VIII pada Siklus I rata-rata kelas yaitu 79 (cukup) dimana belum mencapai indikator kinerja minimal 80. Pada Siklus II mengalami peningkatan rata-rata kelas yaitu 86 (sangat baik). Persentase ketuntasan belajar siswa meningkat dari Siklus I 64% menjadi 84% pada Siklus II dengan kenaikan 20%.

Downloads

Published

2023-03-23

How to Cite

Rukinah, R. (2023). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN MELALUI STRATEGI PROBLEM BASED LEARNING: (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas 2 SDN Kasomalang VIII Kecamatan Kasomalang Tahun 2022/2023). JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 6(1), 88–96. Retrieved from http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/1625