MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA MELALUI PEMBELAJARAN IPA BERBASIS INKUIRI BERBANTUAN PEMBUATAN CERITA BERGAMBAR SISWA DI KELAS IX-C SMP NEGERI 1 PANGALENGAN KABUPATEN BANDUNG

Authors

  • Ika Rostika SMP Negeri 1 Pangalengan, Kabupaten Bandung

DOI:

https://doi.org/10.35569/jpg.v6i1.1630

Keywords:

Cerita Bergambar, Hasil Belajar, IPA, Pembelajaran Berbasisi Inquiri

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi mengenai hasil belajar, aktivitas dan tanggapan peserta didik melalui pembuatan cerita bergambar dengan pembelajaran berbasis Inkuiri di kelas IX C SMPN 1 Pangalengan pada materi Sistem Reproduksi Pada Manusia. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini terdiri dari 2 siklus dengan subyek penelitian adalah peserta didik kelas IX-C SMP Negeri 1 Pangalengan Kabupaten Bandung yang berjumlah 39 peserta didik. Kelas ini dipilih karena terdapat lebih banyak peserta didik yang mengalami kesulitan belajar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu data aktivitas peserta didik dalam pembelajaran dan data hasil belajar siswa. Sedangkan Teknik pengolahan data dalampenelitian ini dimulai dari menganalisis data aktivitas peserta didik; menganalisis data respon peserta didik; dan menganalisis data nilai tes hasil belajar. Peningkatan hasil belajar siswa ini dapat dilihat dari nilai rata – rata siswa lewat tes tertulis mengalami peningkatan dari rata-rata 70,20 pada pra siklus (kondisi awal) menjadi 73,02 pada siklus pertama dan mengalami peningkatan menjadi 80,02 pada siklus kedua. Prosentase siswa yang mampu mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal atau memiliki ketuntasan belajar meningkat dari 64,11 % pada tahap pra siklus (kondisi awal) menjadi 64,71 % pada siklus pertama dan meningkat menjadi 79,48 % pada siklus kedua. Sedangkan Aktifitas keaktifan siswa selama mengikuti pembelajaran memperlihatkan partisipasi aktif dari siswa. Hal ini terlihat dari persentase keaktifan siswa baik pada pembelajaran siklus pertama ataupun pembelajaran siklus kedua. Peningkatan keaktifan siswa untuk setiap tahapan pembelajaran yaitu pada tahap orientasi dengan persentase 7,35%, tahap merumuskan masalah dengan persentase 5,88%, tahap menyusun hipotesis dengan persentase 2,94%, tahap mengumpulkan data dengan persentase 14,70%, tahap menguji hipotesis dengan persentase 29,42% dan tahapan merumuskan kesimpulan dengan persentase 2,94. Respon yang diberikan oleh siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran berbasis inkuiri melalui pembuatan cerita bergambar secara berkelompok baik pada pembelajaran siklus pertama maupun siklus kedua memperlihatkan respon positif yaitu dapat meningkatkan motivasi siswa untuk mempelajari materi dan memudahkan siswa dalam mempelajari materi.

Downloads

Published

2023-03-25

How to Cite

Rostika, I. (2023). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA MELALUI PEMBELAJARAN IPA BERBASIS INKUIRI BERBANTUAN PEMBUATAN CERITA BERGAMBAR SISWA DI KELAS IX-C SMP NEGERI 1 PANGALENGAN KABUPATEN BANDUNG. JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 6(1), 139–151. https://doi.org/10.35569/jpg.v6i1.1630