PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA

Materi Sistem Peredaran Darah Manusia pada Siswa Kelas VIII-B Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Subang Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019

Authors

  • Oyok Aminah Sri Nurul Janah MTsN 4 Subang

DOI:

https://doi.org/10.35569/jpg.v6i2.1815

Keywords:

Hasil Belajar, Konstruktivisme, Motivasi Melajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas VIII-B MTs Negeri 4 Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019 dalam pembelajaran IPA materi Sistem Peredaran Darah Manusia melalui penerapan pendekatan konstruktivisme melalui penerapan pendekatan konstruktivisme. Metode yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (class action research) dengan hasil penelitian sebagai berikut: Penerapan konstruktivisme dalam pembelajaran IPA materi sistem peredaran darah manusia, aktivitas belajar siswa  sangat baik dan siswa bisa secara  terlibat selama proses pembelajaran, dan menemukan hal-hal baru dalam kegiatan belajar  dengan melakukan percobaan  dan siswa dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Motivasi belajar siswa kelas VIII-B MTs Negeri 4 Semester Genap  melalui penerapan pendekatan konstruktivisme pada pembelajaran IPA materi Sistem Peredaran Darah Manusia pada siklus I, siswa tuntas dilihat dari motivasi belajar sebanyak 13 siswa atau 65% dari 20 siswa. Siswa belum tuntas dilihat dari motivasi belajar sebanyak 7 siswa atau 35% dari 20 siswa.Pada siklus II, siswa tuntas dilihat dari aspek motivasi belajar sebanyak 19 siswa atau 95% dari 20 siswa. Siswa yang tidak tuntas 1 orang  aspek motivasi belajar  atau 5%. Pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran  pada pembelajaran mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) materi sistem peredaran darah manusia  dapat meningkatkan hasil dan ketuntasan belajar siswa. Hasil belajar siswa kelas VIII-B MTs Negeri 4 Semester Genap  melalui penerapan pendekatan konstruktivisme pada pembelajaran IPA materi Sistem Peredaran Darah Manusia adalah dengan melihat nilai hasil test formatif temuan awal peningkatan nilai hasil dan ketuntasan belajar siswa  padapada siklus I dan II.  Pada siklus I  siswa yang tuntas sebanyak 13 siswa atau 65,00% dari 20  siswa. Pada siklus II  siswa yang tuntas sebanyak 18 siswa atau 90,00% dari 20 siswa. Direkomendasikan  konstruktivisme ini sebagai pendekatan  dapat diaplikasikan di kelas pembelajaran.

Downloads

Published

2023-10-24

How to Cite

Janah, O. A. S. N. (2023). PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA : Materi Sistem Peredaran Darah Manusia pada Siswa Kelas VIII-B Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Subang Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019. JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 6(2), 201–212. https://doi.org/10.35569/jpg.v6i2.1815