PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII MIPA 4 SMA NEGERI 3 SUBANG PADA POKOK BAHASAN REDOKS DAN ELEKTROKIMIA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

(Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Siswa Kelas XII MIPA 4 SMA Negeri 3 Subang Tahun Pelajaran 2018/2019)

Authors

  • Nani Nuryani SMA Negeri 3 Subang

DOI:

https://doi.org/10.35569/jpg.v6i2.1822

Keywords:

Contextual Teaching and Learning (CTL), Elektrokimia, Hasil Belajar, Redoks

Abstract

Masalah pokok dalam penelitian tindakan kelas ini adalah upaya pendidik menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan hasil belajar  Tujuannya agar kemampuan belajar kimia siswa meningkat. Hipotesis tindakannya adalah jika pendidik menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) kemampuan belajar siswa akan meningkat. Penelitian ini merupakan upaya pendidik untuk memperbaiki proses pembelajaran Kimia di kelas XII MIPA 4 SMA Negeri 3 Subang. Peneliti adalah guru mata pelajaran Kimia di SMA Negeri 3 Subang. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan melalui dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat Tindakan, yakni: 1) diskusi konsep 2) pelaksanaan tindakan 3) pemberian motivasi dan  4) evaluasi hasil PBM. Adapun tahap-tahapnya adalah perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Tahap dan Tindakan yang dilakukan dalam setiap siklus dilaksanakan  peneliti bersama dengan guru mitra selaku kolaborator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa kelas XII MIPA 4 dalam memahami konsep Redoks dan Elektrokimia setelah menggunakan model pembelajaran CTL. Hal ini ditunjukkan oleh semakin tingginya persentase siswa yang mencapai ketuntasan dalam hasil belajar Kimianya, dimana siswa yang tuntas belajar klasikal meningkat sebesar 20,2%,  yang tidak tuntas menurun sebesar 20%, serta  daya serap siswa meningkat sebesar 8,75%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran dengan pendekatan Contextual Teaching and Learnng (CTL)) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pokok bahasan Redoks dan Elektrokimia  siswa kelas XII IPA 4 SMA Negeri 3 Subang. Aktivitas dan partisipasi siswa dalam kegiatan belajar mengajar meningkat serta kemampuan guru dalam kegiatan Pembelajaran juga meningkat.

Downloads

Published

2023-10-24

How to Cite

Nuryani , N. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII MIPA 4 SMA NEGERI 3 SUBANG PADA POKOK BAHASAN REDOKS DAN ELEKTROKIMIA TAHUN PELAJARAN 2018/2019: (Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Siswa Kelas XII MIPA 4 SMA Negeri 3 Subang Tahun Pelajaran 2018/2019). JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 6(2), 232–238. https://doi.org/10.35569/jpg.v6i2.1822