MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMAHAMI SUB TEMA KEBERSAAMAAN DALAM KEBERAGAMAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING

(Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Siswa Kelas IV SD Negeri RA. Kartini Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022)

Authors

  • Yayah Sarimulyanah SD Negeri RA. Kartini

Keywords:

Cooverative Learning, Kebersamaan dalam Keragaman, Kemampuan Siswa, Mind Mapping

Abstract

Prestasi belajar siswa Kelas IV  SD Negeri RA Kartini dalam materi Kebersamaan dalam Keragaman ternyata jauh dari yang diharapkan. Dari hasil ulangan harian pada materi tersebut masih rendah,  ternyata hanya 7 siswa (26,92%) dari 26 siswa yang dinyatakan lulus, dan 19 siswa lainnya (73,08%) dinyatakan belum lulus KKM sekolah sebesar 70, karena siswa belum bisa memahami peranannya dalam organisasi. Rumusan permasalahan pada penelitian ini adalah kemampuan siswa Kelas IV dalam memahami materi Kebersamaan dalam Keragaman masih rendah. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa Kelas IV  SD Negeri RA Kartini semester Ganjil tahun pelajaran 2021/2022 dalam memahami materi Kebersamaan dalam Keragaman melalui penerapan model pembelajaran Mind Mapping. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan siswa dalam memahami materi Kebersamaan dalam Keragaman dapat dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran Mind Mapping. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan hasil post test siswa dari siklus 1 ke siklus 2. Hasil post test siswa pada siklus 1 mencapai nilai rata-rata sebesar 69,81 pada kategori cukup dengan prosentase kelulusan 50,00% dan pada siklus 2 meningkat menjadi 83,08 pada kategori baik dengan tingkat prosentase kelulusan 92,31%. Jadi nilai post test siswa mengalami peningkatan sebesar 13,27.

Downloads

Published

2023-11-02

How to Cite

Sarimulyanah, Y. (2023). MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMAHAMI SUB TEMA KEBERSAAMAAN DALAM KEBERAGAMAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING: (Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Siswa Kelas IV SD Negeri RA. Kartini Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022). JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 6(2), 318–327. Retrieved from http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/1832