PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGENAI TUMBUHAN DAN BAGIANNYA PADA SISWA KELAS III DI SD NEGERI SUMURBARANG KECAMATAN CIBOGO KABUPATEN SUBANG TAHUN 2014
Keywords:
Hasil belajar dan Aktivitas siswa, pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, model pembelajaran Kontekstual.Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti, observer, dan subyek yang diteliti. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IlmuPengetahuanAlam pada siswa Kelas III melalui penerapan Model Pembelajaran Inkuiri. Subyek penelitian ini adalah siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri Sumurbarang Kecamatan Cibogo Kabupaten Subang yang terdiri dari 25 siswa.Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian tindakan Kelas III ni dilaksanakan dua siklus, siklus satu dan siklus dua terdiri dari empat tindakan utama yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar pada siklus satu memperoleh nilai rata-rata 51,85yang mencapai ketuntasan 36%, dan meningkat pada siklus kedua memperoleh nilai rata-rata 84,81 yang mencapai ketuntasan 72%. Begitu juga dengan hasil observasi perilaku siswa, terdapat peningkatan pada perilaku siswa di setiap siklusnya. Pada siklus I didapatkan skor rata-rata untuk kerja sama adalah 2,73, skor keaktifan rata-ratanya adalah 2,93, dan skor rata-rata keberanian adalah 2,92 dengan kategori cukup baik. Selanjutnya pada siklus II didapatkan skor rata-rata untuk kerja sama adalah 3,59, skor keaktifan rata-ratanya adalah 3,50, dan skor rata-rata keberanian adalah 3,49 dengan kategori baik. Penelitian ini berkesimpulan bahwa Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kontekstualdapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IlmuPengetahuanAlam pada siswa Kelas III IIdi Sekolah Dasar Negeri Sumurbarang Kecamatan Cibogo Kabupaten Subang. Selain itu model pembelajaran ini dapat meningkatkan partisipasi dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran