IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENJASORKES PADA PERMAINAN BOLA BASKET SISWA KELAS XII. MIA 2 DI MAN SUBANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Keywords:
Hasil Belajar, Model Pembelajaran InquiryAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Deskripsi tentang proses pelaksanaan pembelajaran inquiry dalam pembelajaran penjasorkes untuk siswa Kelas XII-MIA 2 MAN Subang, (2) Deskripsi tentang besarnya peningkatan prestasi yang dicapai siswa Kelas XII-MIA 2 MAN Subang dalam pembelajaran penjasorkes setelah dikembangkan proses pembelajaran inquiry dalam pembelajaran penjasorkes.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan Model Pembelajaran Inquiry. Lokasi penelitian ini berada di MAN Subang, dan subyek penelitian ini adalah siswa kelas XII MIA 2 MAN Subang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Pada penelitian ini menggunakan metode analisis model interaktif, dengan tiga komponen pokok dalam proses analisis data, yaitu: Reduksi Data, Sajian Data, dan Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian sebagai berikut : (1) Pelaksanaan pembelajaran penjasorkes dengan model pembelajaran inquiry secara baik dapat dilaksanakan dengan langkah: a) Tahap pembukaan melalui motivasi dan apersepsi yang serius, b) Tahap inti pelaksanaan dengan pembelajaran secara berkelompok, c) Tahap penutupan dilakukan dengan pembuatan kesimpulan oleh siswa dan guru atas hasil belajar yang dilakukan, serta pelaksanaan tes. (2) Pelaksanaan model pembelajaran inquiry terbukti mampu meningkatkan prestasi belajar siswa, baik dilihat berdasarkan nilai rata-rata kelas siswa mapun ketuntasan belajar siswa.