UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN KEMAMPUAN SISWA PADA MATERI KHIWAR “AL-BAYAANATU ASYAKHSIYAH” DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS X-IIS 3 MAN 1 SUBANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Authors

  • SITI SUAEDAH Guru Madrasah Aliyah Negeri 1 Subang

Keywords:

media audio visual, khiwar “Al-Bayaanatu Asyakhsiyah”

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan untuk meningkatkan minat dan kemampuan siswa kelas X-IIS 3 Madrasah Aliyah Negeri (MAN ) 1 Subang semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018 dalam mata pelajaran Bahasa Arab pokok bahasan khiwar “Al-Bayaanatu Asyakhsiyah†menggunakan media audio visual. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian 38 orang siswa yang heterogen. Dari data yang dikumpulkan yaitu hasil ulangan siklus 1 dan siklus 2, lembar penilaian aktivitas siswa, angket dan refleksi bersama observer terlihat bahwa kemampuan belajar siswa meningkat begitupun dengan minat belajarnya. Kemampuan siswa dalam mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal 75, pada siklus I penelitian tindakan kelas ini dilakukan, yang mencapai nilai KKM hanya 29 siswa (76%) meningkat pada siklus II menjadi 38 siswa (100%).Minat belajar siswa pada siklus I menunjukan 6 orang kriteria kurang berminat mencapai 16 % dan 32 orang krteria berminat mencapai 84% dan pada siklus II menjadi 100% siswa berkriteria sangat berminat.Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui penerapan media audio visual terbukti dapat meningkatkan minat dan kemampuan belajar siswa kelas X-IIS 3 MAN 1 Subang tahun pelajaran 2017/2018 pada mata pelajaran bahasa arab pokok bahasan khiwar “Al-Bayaanatu Asyakhsiyah

Downloads

Published

2018-11-29

How to Cite

SUAEDAH, S. (2018). UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN KEMAMPUAN SISWA PADA MATERI KHIWAR “AL-BAYAANATU ASYAKHSIYAH” DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS X-IIS 3 MAN 1 SUBANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 1(02), 302–309. Retrieved from http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/354