PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MODEL BELAJAR SAMBIL BERMAIN PERBANTUAN MEDIA MONOPOLI (PTK Matematika Kelas III SD Negeri Nyimplung Tahun 2017)

  • TUTI HARYATI SD Negeri Nyimplung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan; 1) Merangsang minat belajar siswa pada mata pelajaran Matematika khususnya mengenal nilai mata uang 2) Peningkatan hasil belajar siswa dalam pelajaran Matematika dengan metode Belajar sambil bermain menggunakan permainan monopoli dalam materi mengenal nilai mata uang. Penelitian dilakukan di SD Negeri Nyimplung Kecamatan Subang, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat, selama tiga bulan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas PTK. Subjek penelitian adalah siswa kelas III semester 1 SD  Negeri Nyimplung Kecamatan Subang, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat, tahun  pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 35 orang siswa. Objek dalam penelitian ini adalah pelajaran Matematika dengan materi pengenalan mata uang, dengan metode pembelajaran bermain sambil belajar menggunakan media monopoli. Penelitian ini menyimpulkan bahwa:1) Penerapan metode bermain sambil belajar dapat meningkatkan pemahaman belajar siswa dalam  pembelajaran matematika dengan materi mata uang dan 2) Penerapan metode belajar sambil bermain dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya pemahaman dan nilai hasil rata-rata belajar siswa pada setiap siklus. PTK ini menggunakan metode pengumpulan data dari hasil evaluasi siswa mulai dari pra siklus, siklus satu sampai dengan siklus dua, dengan mengunakan rumus  porsentase ketuntasan belajar yang dilakukan di SD Negeri Nyimplung tahun pelajaran 2017-2018 semester satu.

Published
2019-03-29
How to Cite
HARYATI, TUTI. PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MODEL BELAJAR SAMBIL BERMAIN PERBANTUAN MEDIA MONOPOLI (PTK Matematika Kelas III SD Negeri Nyimplung Tahun 2017). JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, [S.l.], v. 2, n. 01, p. 187-194, mar. 2019. Available at: <http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/467>. Date accessed: 24 aug. 2019.