MENINGKATKAN PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DENGAN METODE EXAMPLE NON-EXAMPLE

Authors

  • UNENGSIH UNENGSIH FKIP Universitas Subang

Keywords:

Pemahaman belajar, Hasil belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial, metode Example Non-Example.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Pemahaman belajar siswa kelas lima SD Negeri Nyimplung. 2)Peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi Keragaman Suku Bangsa Indonesia dengan metode Example Non-Example tahun pelajaran 2015-2016. Penelitian dilakukan di SD Negeri Nyimplung Kecamatan Subang, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat, selama empat bulan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas PTK. Subjek penelitian adalah siswa kelas V semester 2 SD Negeri Nyimplung Kecamatan Subang, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat, tahun pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari 28 orang siswa. Objek dalam penelitian ini adalah Ilmu Pengtahuan Sosial dengan materi Keragaman Suku Bangsa Indonesia, dengan metode pembelajaran Example Non-Example. Penelitian ini menyimpulkan bahwa: Penerapan metode Example Non-Example dapat meningkatkan pemahaman belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan materi Keragaman Suku Bangsa Indonesia dan Penerapan metode Example Non-Example dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya pemahaman dan nilai hasil rata-rata belajar siswa pada setiap siklus. Pada tahapan pra siklus hanya dua orang yang mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum) yang telah ditetapkan, setelah melakukan pembelajaran lagi dengan menggunakan metode Example Non-Example pemahaman siswa menjadi meningkat, pada siklus ke satu ada 46 % yang telah mencapai KKM, dan pada siklus ke dua 100% mencapai KKM. PTK ini menggunakan metode pengumpulan data dari hasil evaluasi siswa mulai dari pra siklus, siklus satu sampai dengan siklus dua, dengan mengunakan rumus porsentase ketuntasan belajar yang dilakukan di SD Negeri Nyimplung tahun pelajaran 2015-2016 semester satu.

Downloads

Published

2019-03-29

How to Cite

UNENGSIH, U. (2019). MENINGKATKAN PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DENGAN METODE EXAMPLE NON-EXAMPLE. JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 2(01), 195–210. Retrieved from http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/468