PENGGUNAAN METODE MAKE A-MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TOPIK MENGHARGAI UPAYA PERLINDUNGAN HAM DALAM PEMBELAJARAN PKN DI KELAS 7A SMPN 2 PURWADADI

  • YANTI ANAYANTI SMP Negeri 2 Purwadadi

Abstract

Kualitas manusia akan terbentuk apabila dalam diri siswa  dikembangkan  kualitas belajar yang dapat menggali potensi yang dimiliki siswa. pembelajaran kooperatif sebagai “ kumpulan dua orang individu atau lebih yang berorientsi secara tatap muka, dan setiap individu menyadari bahwa dirinya merupakan bagian dari kelompoknya, sehingga mereka merasa memiliki, dan merasa saling ketergantungan secara positif yang digunakan untuk mencapai tujuan bersama. Penelitian tindakan Kelas ini dilaksanakan di SMPN 2 Purwadadi kecamatan Purwadadi Kabupaten Subang. Penelitian tindakan kelas ini direncanakan pelaksanaannya dalam 2 siklus secara berkelanjutan dalam 1 (satu) semester. Kegiatan guru dalam proses pembelajaran ada perbaikan, hal ini terlihat dari skore rata-rata yang diperoleh guru pada  siklus 1 adalah 69,83 % sedangkan pada siklus 2 menjadi 96,88 %, ada kenaikan yang cukup tinggi dari nilai rendah pada siklus 1 menjadi nilai tinggi pada siklus 2.

Published
2019-03-29
How to Cite
ANAYANTI, YANTI. PENGGUNAAN METODE MAKE A-MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TOPIK MENGHARGAI UPAYA PERLINDUNGAN HAM DALAM PEMBELAJARAN PKN DI KELAS 7A SMPN 2 PURWADADI. JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, [S.l.], v. 2, n. 01, p. 211-221, mar. 2019. Available at: <http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/469>. Date accessed: 16 june 2019.