PENGGUNAAN MULTIMEDIA DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU KELAS IV SDN ROSELA INDAH SUBANG TAHUN 2014-2015
Keywords:
multimedia, hasil belajar, pembelajaran tematikAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dalam pembelajaran Subtema Keanekaragaman Budaya Bangsaku. (2) Mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran pembelajaran Subtema Keanekaragaman Budaya Bangsaku melalui penggunaan multimedia pada siswa kelas IV SDN Rosela Indah Subang. (3) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran Subtema Keanekaragaman Budaya Bangsaku melalui penggunaan multimedia pada siswa kelas IV SDN Rosela Indah Subang.Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research) untuk mengatasi permasalahan yang ada di dalam kelas. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas IV SDN Rosela Indah tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini menggunakan pembelajaran Kurikulum 2013. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus dilakukan refleksi terhadap tindakan yang diberikan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes hasil belajar, catatan lapangan dan dokumentasi. Metode untuk analisis data yaitu dengan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menggunakan multimedia pada pembelajaran tematik dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas belajar siswa siklus 1 sebesar 69,08% dan meningkat pada siklus 2 menjadi 77,64%. hasil belajar siswa pada siklus 1 sebesar 75,46 dimana 22 siswa (68,75%) nilanya dinyatakan sudah tuntas. Sedangkan pada siklus kedua, rata-rata hasil belajar siswa sebesar 81,72 dengan 28 siswa (87,50%) nilainya dinyatakan telah tuntas.