MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ORGAN GERAK MANUSIA DAN HEWAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE

  • Rudiyanto Rudiyanto SD Negeri Cijengkol Kec. Serangpanjang
Keywords: hasil belajar, pendekatan saintifik, Model Pembelajaran Example Non Example

Abstract

 

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Organ Gerak Hewan Dan Manusia melalui penerapan  Model Pembelajaran Example Non Example pada siswa kelas V  SD Negeri  Cijengkol Kecamatan Serangpanjang Kabupaten Subang semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Subyek penelitian terdiri dari 23 orang siswa yang heterogen. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus sertiap siklus terdiri dari 3 pertemuan , pada 2 pertemuan membahas  pembelajaran, sedangkan pertemuan ke 3 dilaksanakan tes formatif. Rata- rata hasil tes formatif siklus 1 adalah 69,13 dan rata- rata hasil tes formatif siklus 2 adalah 83,04. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan nilai rata- rata sebesar 13,91 ( 20,12% ). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui penerapan Model Pembelajaran Example Non Example dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Cijengkol Kecamatan Serangpanjang Kabupaten Subang semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 pada materi Organ Gerak Hewan Dan Manusia.

Published
2019-10-31
How to Cite
Rudiyanto, R. (2019). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ORGAN GERAK MANUSIA DAN HEWAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE. JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 2(2), 274-284. Retrieved from http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/540