MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASING ATAS DALAM PERMAINAN BOLA VOLI MINI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DRIIL DAN BERMAIN

  • Jojo Suharjo SD Negeri Tunas Harapan Kec. Sagalaherang
Keywords: hasil belajar, pembelajaran, model Drill dan Bermain

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan  siswa bermain bola polly dalam melakukan service atas dengan menggunakan model pembelajaran Drill dan Bermain  pada siswa kelas V  SD Negeri  Tunas Harapan Kecamatan Sagalaherang Kabupaten Subang semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Subyek penelitian terdiri dari 16 orang siswa yang heterogen. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus sertiap siklus terdiri dari 3 pertemuan , pada 2 pertemuan awal pembelajaran tentang pembahaasan materi pelajaran, sedangkan pertemuan ke 3 dilaksanakan tes formatif. Hasil penilaian pratindakan terhadap pembelajaran teknik dasar pasing atas bola voli mini siswa masih rendah, hanya 7 siswa (43,75%) yang telah mampu melakukan pasing atas dengan benar.Pada siklus I hasil pengamatan terhadap proses pembelajaran diperoleh gambaran tentang hasil belajar siswa, yaitu sebanyak 11 siswa (68,75,) telah mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) dan sisanya 5 siswa (28.57%) belum mencapai KKM. Hasil belajar siswa siklus II telah menunjukkan peningkatan sesuai dengan apa yang ditargetkan. Hasil belajar siswa selama siklus II adalah sebanyak 15 siswa (93,75%) telah mencapai nilai KKM dan  siswa (6,25%) belum mencapai nilai KKM. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran Drill dan Bermain dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Tunas Harapan Kecamatan Sagalaherang Kabupaten Subang semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018 pada materi bermain bola polly dalam melakukan service atas.

Published
2019-10-31
How to Cite
Suharjo, J. (2019). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASING ATAS DALAM PERMAINAN BOLA VOLI MINI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DRIIL DAN BERMAIN. JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 2(2), 306-315. Retrieved from http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/543