MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI POKOK GARIS BILANGAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD

  • Yani Sarimulyani SD Negeri Cijengkol Kec. Serangpanjang
Keywords: hasil belajar, pembelajaran kooperatif, Student Teams-Achievement Division (STAD)

Abstract

 

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Garis Bilangan melalui penerapan  Model model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Division (STAD) pada siswa kelas III  SD Negeri  Cijengkol Kecamatan Sagalaherang Kabupaten Subang semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Subyek penelitian terdiri dari 23 orang siswa yang heterogen. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus sertiap siklus terdiri dari 3 pertemuan , pada 2 pertemuan awal pembelajaran tentang pembahaasan materi pelajaran, sedangkan pertemuan ke 3 dilaksanakan tes formatif. Rata- rata hasil tes formatif siklus 1 adalah 67,61 dan rata- rata hasil tes formatif siklus 2 adalah 82,17. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan nilai rata- rata sebesar 14,56 (21,54%). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui penerapan model Pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri Cijengkol Kecamatan Sagalaherang Kabupaten Subang semester genap tahun pelajaran 2016/2017 pada materi Garis Bilangan.

Published
2019-10-31
How to Cite
Sarimulyani, Y. (2019). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI POKOK GARIS BILANGAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD . JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 2(2), 316-325. Retrieved from http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/544