MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA AKU ANAK SOLEH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW

  • Euis Hodijh SD Negeri Cijengkol Kec. Serangpanjang
Keywords: hasil belajar, Model Cooperative Learning Type Jigsaw

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Mengenal Asmaul Husna melalui penerapan  Model Pembelajaran Kooperative Type Jigsaw  pada siswa kelas IV  SD Negeri  Cijengkol  Kecamatan Sarangpanjang  Kabupaten Subang semester Genap tahun pelajaran 2017/2018. Subyek penelitian terdiri dari 23 orang siswa yang heterogen. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus sertiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan , pada 2 pertemuan  pembelajaran tentang pembahaasan materi pelajaran, sedangkan pertemuan ke 3 dilaksanakan tes formatif. Rata- rata hasil tes formatif siklus 1 adalah 68,70 dan rata- rata hasil tes formatif siklus 2 adalah 80,87. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan nilai rata- rata sebesar 12,17 ( 17,71% ). Dengan demikian pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI)  dengan Model Pembelajaran Kooperative Type Jigsaw  dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Published
2019-10-31
How to Cite
Hodijh, E. (2019). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA AKU ANAK SOLEH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW. JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 2(2), 335-345. Retrieved from http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/547