MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK MENGANAL BAGIAN UTAMA HEWAN DAN TUMBUHAN MELALUI PENERAPAN METODE DEMONTRASI DAN PEMBERIAN TUGAS

Authors

  • Eti Herawati SD Negeri Cijengkol Kec. Sagalaherang

Keywords:

hasil belajar, Metode Demontrasi dan Pemberian Tugas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Mengenal Bagian Utama Hewan dan Tumbuhan melalui penerapan  metode demontrasi dan pemberian tuasg  pada siswa kelas II  SD Negeri  Cijengkol Kecamatan Serangpanjang Kabupaten Subang semester ganjil tahun pelajaran  2017/2018. Subyek penelitian terdiri dari 26 orang siswa yang heterogen. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus sertiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan , pada pertemuan ke 1 dan ke 2 tentang pembahaasan materi pelajaran, sedangkan pertemuan  ke 3 dilaksanakan tes formatif. Rata- rata hasil tes formatif siklus 1 adalah 67,31 dan rata- rata hasil tes formatif siklus 2 adalah 80,77. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan nilai rata- rata sebesar 13,46 (19,99%). Dengan demikian pembelajaran IPA  dengan Metode Demontrasi dan Pemberian Tugas   dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2019-10-31

How to Cite

Herawati, E. (2019). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK MENGANAL BAGIAN UTAMA HEWAN DAN TUMBUHAN MELALUI PENERAPAN METODE DEMONTRASI DAN PEMBERIAN TUGAS. JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 2(2), 368–377. Retrieved from http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/551