MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS) PADA MATERI POKOK STRUKTUR BAGIAN TUMBUHAN DENGAN FUNGSINYA

Authors

  • Harun Mulyana SDN Sagalaherang V

Keywords:

hasil belajar, pembelajaran kooperatif, Student Teams-Achievement Division (STAD)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Struktur Bagian Tumbuhan melalui penerapan. Model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Division (STAD) pada siswa kelas IV  SD Negeri  Sagalaherang V Kecamatan Sagalaherang  Kabupaten Subang semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017. Subyek penelitian terdiri dari 15 orang siswa yang heterogen. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus sertiap siklus terdiri dari 3 pertemuan , pada 2 pertemuan awal pembelajaran tentang pembahaasan materi pelajaran, sedangkan pertemuan ke 3 dilaksanakan tes formatif. Rata- rata hasil tes formatif siklus 1 adalah 68,67 dan rata- rata hasil tes formatif siklus 2 adalah 80,67. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan nilai rata- rata sebesar 12,00 ( 17,47% ). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui penerapan model Pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Sagalaherang V Kecamatan Sagalaherang  Kabupaten Subang semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017 pada materi Struktur Bagian Tumbuhan.

Downloads

Published

2019-11-01

How to Cite

Mulyana, H. . (2019). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS) PADA MATERI POKOK STRUKTUR BAGIAN TUMBUHAN DENGAN FUNGSINYA. JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 2(2), 485–492. Retrieved from http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/565