MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI BERBAGAI KERAGAMAN SUKU DI INDONESIA MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING

  • Anni Basyriah SD Negeri Sagalaherang VI
Keywords: Mind Mapping, Kemampuan Siswa, Keragaman Suku, PPKn

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi keragaman suku bangsa melalui penerapan metode pembelajaran mind mapping di kelas V  SD Negeri Sagalaherang VI semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan prestasi belajar siswa dapat dilakukan dengan menerapkan metode pembelajaran mind mapping dalam memahami materi keragaman suku bangsa. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan nilai hasil post test  dari siklus 1 ke siklus 2. Nilai post test siklus 1 mencapai rata-rata 68,86 pada kategori cukup dengan persentase kelulusan 54,55% dan pada siklus 2 nilai post test siswa meningkat menjadi 84,77 pada kategori baik dengan tingkat persentase kelulusan 90,09%. Jadi prestasi belajar mengalami peningkatan sebesar 15,91.

Published
2019-11-01
How to Cite
Basyriah, A. (2019). MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI BERBAGAI KERAGAMAN SUKU DI INDONESIA MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING. JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 2(2), 493-501. Retrieved from http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/566