MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PROSES PERUMUSAN PANCASILA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD

  • Lyna Triana SDN Megamendung Sagalaherang
Keywords: Hasil belajar, Model kooperatif tipe STAD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Proses Perumusan Pancasila melalui penerapan  Model Kooperatif Tipe Student Teames- Achievement Division (STAD) pada siswa kelas VI  SD Negeri  Megamendung Kecamatan Sagalaherang Kabupaten Subang semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018. Subyek penelitian terdiri dari 11 orang siswa yang heterogen. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus sertiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan  , pada 2 kali pertemuan  awal pembelajaran tentang pembahaasan materi pelajaran, sedangkan pertemuan ke 3 dilaksanakan tes formatif. Rata- rata hasil tes formatif siklus 1 adalah 69,09 dan rata- rata hasil tes formatif siklus 2 adalah 80,91. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan nilai rata- rata sebesar 11,82 (17,11%. ) Dengan demikian pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan  penerapan  Model Kooperatif Tipe STAD  dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Published
2019-11-01
How to Cite
Triana, L. (2019). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PROSES PERUMUSAN PANCASILA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD. JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 2(2), 502-510. Retrieved from http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/567