PENERAPAN MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMAHAMI MATERI MENGELOMPOKKAN BENDA SESUAI CIRI-CIRI (Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Siswa Kelas I SD Negeri Ekanugraha Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018)

Authors

  • Eem Solihah SD Negeri Ekanugraha Kecamatan Sagalaherang

Keywords:

media gambar, kemampuan siswa, mengelompokkan benda sesuai ciri-ciri, bahasa indonesia

Abstract

Rumusan permasalahan pada penelitian inIdalah kemampuan siswa kelas I dalam memahami materi mengelompokkan benda sesuai ciri-ciri masih rendah. Dengan demikian: “Bagaimanakah penerapan media gambar dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas I SD Negeri Ekanugraha semester genap tahun pelajaran 2017/2018 dalam memahami materi mengelompokkan benda sesuai ciri-ciri?”. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan  siswa dalam memahami materi mengelompokkan benda sesuai ciri-ciri melalui penerapan media gambar di kelas I SD Negeri Ekanugraha semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan siswa dalam memahami materi mengelompokkan benda sesuai ciri-ciri dapat dilakukan dengan menerapkan media gambar. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan prestasi belajar siswa  dari siklus 1 ke siklus 2. Hasil test siklus 1 nilai rata-rata mencapai 69,06 pada kategori cukup dengan prosentase kelulusan 56,25% dan hasil test pada siklus 2 dengan nilai rata-rata meningkat menjadi 80,94 pada kategori baik dengan tingkat prosentase kelulusan 93,75%. Jadi prestasi belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 11,88 dari siklus 1 ke siklus 2.

Downloads

Published

2020-03-30

How to Cite

Solihah, . E. (2020). PENERAPAN MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMAHAMI MATERI MENGELOMPOKKAN BENDA SESUAI CIRI-CIRI (Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Siswa Kelas I SD Negeri Ekanugraha Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018). JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 3(1), 56–70. Retrieved from http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/727