MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA TEMA ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA DENGAN PENERAPAN METODE PQ4R DI KELAS 5 SDN BUNIHAYU 1 JALANCAGAK SUBANG TAHUN PELAJARAN 2018-2019
Keywords:
Metode Pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect Recite, dan Review), Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : a) aktivitas guru menerapkan pembelajaran dengan metode P4QR pada tema Organ Gerak Hewan dan Manusia, (b) aktivitas peserta didik dalam pembelajaran dengan metode P4QR pada tema Organ Gerak Hewan dan Manusia, (c) respon peserta didik terhadap pembelajaran dengan menggunakan metode PQ4R pada tema Organ Gerak Hewan dan Manusia, (d) peningkatan hasil belajar pada tema Organ Gerak Hewan dan Manusia pada pembelajaran dengan menggunakan metode PQ4R. Sebagai subjek penelitian adalah peserta didik kelas 5 SDN Bunihayu 1 Jalancagak Subang, berjumlah 37 orang yang terdiri 22 peserta didik perempuan dan 15 peserta didik laki-laki. Materi yang dibahas adalah tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia, sebagai salah satu materi bahasan di semester pertama. Penelitian dirancang ke dalam penelitian tindakan kelas (PTK), terdiri dari 3 siklus, masing-masing siklus mencakup kegiatan perencanaan, pelaksanaan/observasi dan refleksi. Dari hasil pengamatan dan analisis diperoleh kesimpulan bahwa: (1) aktivitas guru menerapkan pembelajaran dengan metode P4QR pada tema Organ Gerak Hewan dan Manusia, (2) aktivitas peserta didik dalam pembelajaran dengan metode P4QR pada tema Organ Gerak Hewan dan Manusia, (3) Sikap peserta didik kelas 5 SDN Bunihayu Jalancagak pada tema Organ Gerak Hewan dan Manusia dengan menggunakan metode PQ4R, (4) penerapan Metode P4QR dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 5 SDN Bunihayu 1 Jalancagak pada tema Organ Gerak Hewan dan Manusia.