SISTEM INFORMASI MANAJEMEN (SIM) UNTUK MENINGKATKAN KINERJA SEKOLAH DI SD NEGERI PELITA KARYA JALANCAGAK SUBANG (Penelitian Tindakan Sekolah di SD Negeri Pelita Karya Jalancagak-Subang)

Authors

  • Ara Sukara Sunardi SDN Pelita Karya Jalancagak Subang

Keywords:

Sistem Informasi Manajemen (SIM), Kineja Sekolah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) penerapkan Sistem Informasi Manajemen di SDN Pelita Karya Jalancagak Subang, (2) kinerja Kepala SD Negeri Pelita Karya Jalancagak Subang, (3) kinerja guru SD Negeri Pelita Karya Jalancagak Subang, (4 respon guru terhadap sistem informasi manajemen (SIM) yang diterapkan oleh kepala SD Negeri Pelita Karya Jalancagak Subang. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah guru-guru di SDN Pelita Karya Jalancagak Subang sebanyak 10 orang, terdiri dari 6 guru perempuan dan 4 guru laki-laki. Jenis penelitian adalah penelitian sekolah (PTS), terdiri dari 3 siklus, masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan/observasi dan refleksi. Data yang terkumpul bersifat kuantitatif dan kualitatif disesuaikan dengan instrument yang digunakan (lembar observasi, angket dan lembar tes). Dari hasil pengamatan dan analisis diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Kepala sekolah menerapkan Sistem Informasi Manajemen (SIM) di SD Negeri Pelita Karya, berdasarkan tahapan perencanaan, pengorganisasian, pergerakan dan pengendalian, (2) Kinerja kepala di SD Negeri Pelita Karya dapat dikatakan baik, dengan menunjukkan komitmen yang kuat kepala sekolah tehadap tugas pokok dan fungsinya sebagai pimpinan teringgi di sekolah, (3) Kinerja guru di SD Negeri Pelita Karya dapat dikatakan baik sampai sangat baik, dengan menunjukkan kemampuannya meangaplikasikan tugas dan kewajibannya sebagai pemberi pengajaran di kelas, (4) Guru-guru di SD Negeri Pelita Karya memberikan respon positif terhadap penerapan Sistem Informasi Manajemen (SIM) yang diterapkan oleh kepala sekolah. Berdasarkan kesimpulan di atas, perlu dikemukakan beberapa saran sebagai berikut : (1) sekolah sebaiknya terus mengembangkan kemampuannya untuk memperbaiki sistem informasi manajemen yang sudah ada, disesuaikan dengan tuntutan perubahan, (2) kepala sekolah bisa mengambil pelajaran dari hasil penelitian ini untuk melakukan evaluasi diri berkaitan dengan kapasitasnya sebagai pimpinan tertinggi di sekolah, dan disesuaikan dengan perubahan mindset stakehlder, (3) guru-guru dapat terus meningkatkan kemampuannya dengan mengacu kepada sistem informasi manajemen yang terus berkembang.

Downloads

Published

2020-10-26

How to Cite

Sunardi, A. S. . (2020). SISTEM INFORMASI MANAJEMEN (SIM) UNTUK MENINGKATKAN KINERJA SEKOLAH DI SD NEGERI PELITA KARYA JALANCAGAK SUBANG (Penelitian Tindakan Sekolah di SD Negeri Pelita Karya Jalancagak-Subang). JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 3(02), 285–293. Retrieved from http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/846