PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENERAPKAN NILAI-NILAI PERSATUAN DI LINGKUNGAN SEKOLAH (Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Siswa Kelas VI SD Negeri Pasanggrahan II Tahun Pelajaran 2017/2018)

Authors

  • Ela Laelatul Masruroh SD Negeri Pasanggrahan II Kasomalang Subang

Keywords:

Model pembelajaran scramble, nilai-nilai persatuan, dan lingkungan sekolah

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas VI SD Negeri Dayeuhkolot II semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 dalam menerapkan nilai-nilai persatuan di lingkungan sekolah melalui penerapan model pembelajaran scramble. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan siswa dalam menerapkan nilai-nilai persatuan di lingkungan sekolah dapat dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran scramble. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan prestasi belajar dari siklus 1 ke siklus 2. Hasil post test siklus 1 mencapai nilai rata-rata 70,33 pada kategori cukup dengan prosentase kelulusan 50,00% dan pada siklus 2 meningkat nilai rata-rata post test menjadi 82,50 pada kategori baik dengan tingkat prosentase kelulusan 91,67%. Jadi prestasi belajar mengalami peningkatan sebesar 12,22.

Downloads

Published

2020-10-28

How to Cite

Masruroh, E. L. . (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENERAPKAN NILAI-NILAI PERSATUAN DI LINGKUNGAN SEKOLAH (Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Siswa Kelas VI SD Negeri Pasanggrahan II Tahun Pelajaran 2017/2018). JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 3(02), 333–341. Retrieved from http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/852