Analisis Pengaruh Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Terhadap Kualitas Pelayanan Pendidikan Pada SMA Negeri 1 Pabuaran Kabupaten Subang
DOI:
https://doi.org/10.37950/wbaj.v3i1.1073Keywords:
Kompetensi Manajerial, Kualitas PelayananAbstract
Abstrak
Penelitian ini berdasarkan pada adanya permasalahan yang berkaitan dengan Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Terhadap Kualitas Pelayanan Pendidikan pada SMA Negeri 1 Pabuaran Kabupaten Subang. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi manajerial Kepala Sekolah dan Kualitas Pelayanan Pendidikan serta mengetahui seberapa besar pengaruh Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah terhadap Kualitas Pelayanan. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Responden dalam penelitian ini adalah warga sekolah SMA Negeri 1 Pabuaran Kabupaten Subang yang berjumlah 77 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, wawancara dan observasi terhadap responden penelitian. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif asosiatif dengan tabulasi data untuk menjawab identifikasi masalah deskriptif dan analisis regresi sederhana untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian, menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang kuat antara kompetensi manajerial terhadap kualitas pelayanan, Nilai koefisien determinasi sebesar 43%, berarti bahwa variabel kualitas pelayanan dapat dipengaruhi oleh kompetensi manajerial sebesar 43%, sedangkan sisanya sebesar 57% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Dengan demikian kompetensi manajerial memiliki pengaruh terhadap kualitas pelayanan pada SMA Negeri 1 Pabuaran Kabupaten Subang.
Kata kunci : Kompetensi Manajerial, Kualitas Pelayanan
Abstract
This research is based on the existence of problems related to the Principal's Managerial Competence on the Quality of Education Services at SMA Negeri 1 Pabuaran, Subang Regency. The purpose of this study is to determine the managerial competence of the principal and the quality of education services and to find out how much influence the principal's managerial competence has on service quality. This type of research uses a quantitative approach. Respondents in this study were residents of SMA Negeri 1 Pabuaran, Subang Regency, amounting to 77 respondents. Data collection techniques used are questionnaires, interviews and observations of research respondents. The analytical method used is descriptive associative analysis with data tabulation to answer descriptive problem identification and simple regression analysis to test hypotheses. The results of the study indicate that there is a strong influence between managerial competence on service quality, the coefficient of determination is 43%, meaning that the service quality variable can be influenced by managerial competence by 43%, while the remaining 57% is influenced by other variables not described in this research. Thus, managerial competence has an influence on service quality at SMA Negeri 1 Pabuaran, Subang Regency.
Keywords: Managerial Competence, Service Quality
References
Dharma, Surya. 2009. Manajemen Kinerja. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.
Dwiyanto, Agus. 2008. Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Gadjah Mada University Press: Yogyakarta.
HM. Ismail, dkk. 2010. Menuju Pelayanan Prima. Averroes pers.
Pasolong, Harbani. 2013. Teori Administrasi Publik. Alfabeta: Bandung.
Ratminto. dan Winarsih, Atik.S.2012,Manajemen Pelayanan. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.
Sianipar, MJ. Gloria. 2011. Pengaruh Kualitas Pelayanan Pendidikan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi. Universitas HKBP Non Mensen Medan.
Singarimbun, M. dan Efendi, S. 1995. Metode Penelitian Survei. LP3ES: Jakarta.
Sudarmanto. 2009. Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SDM. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.
Sugeng. 2012. Pengaruh Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah Terhadap Kinerja Guru di Kabupaten Kudus. Universitas Negeri Semarang.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Administrasi. Alfabeta: Bandung.
Sugiyono. 2012. Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta: Bandung.
Suhardan, Dadang. 2010. Supervisi
Profesional. Alfabeta: Bandung. Wibowo. 2007. Manajemen Kinerja (edisi
ketiga). PT. Raja Grafindo Persada: Jakarta.
Yuniarsih,T. dan Suwatno. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Alfabeta: Bandung