Strategi Promosi Pada PT. Atrhaprima Finance Cabang Subang

Authors

  • Luki Natika Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Subang
  • Ade Nawawi Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Subang
  • Dwi Jihan Milda Prastika Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Subang

DOI:

https://doi.org/10.37950/wbaj.v3i1.1348

Keywords:

promotion strategy

Abstract

Abstrak

 

Peneliti ini bertujuan untuk menganalisis strategi promosi di PT. Arthaprima Finance Cabang Subang. Promosi merupakan hal yang sangat untuk dilakukan suatu perusahaan untuk mengatasi persaingan yang ketat di dunia usaha sekarang ini. Salah satu jalan untuk meraih keunggulan kompetisi dalam menimbulkan minat beli konsumen adalah dengan membentuk promosi yang baik di mata konsumen.

Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari hasil penjualan PT. Arthaprima Finance Cabang Subang selama dua tahun dan beberapa observasi serta wawancara langsung dengan pihak Branch Manager, Credit Marketing Officer, dan Konsumen terkait produk pembiayaan di PT. Arthaprima Finance Cabang Subang.

Dari penelitian ini dapat disimpulkan berdasarkan hasil wawancara bahwa strategi promosi di PT. Arthaprima Finance Cabang Subang cukup optimal. Namun masih terdapat kelemahan yaitu masyarakat masih banyak yang belum mengetahui PT. Arthaprima Finance Cabang Subang ini bergerak dibidang apa dan proses pembiayaannya bagiamana. Karena masih kurangnya strategi promosi periklanan dan promosi penjualan yang tidak tersebar ke khalayak ramai.

 

Kata Kunci : Strategi Promosi

 

 

 

 

Abstract

This researcher aims to analyze the promotion strategy at PT. Arthaprima Finance Subang Branch. Promotion is a very important thing for a company to do to overcome the intense competition in today's business world. One way to gain competitive advantage in generating consumer buying interest is to establish a good promotion in the eyes of consumers.

The data used in this study were obtained from the sales of PT. Arthaprima Finance Subang Branch for two years and several observations and direct interviews with the Branch Manager, Credit Marketing Officer, and Consumers related to financing products at PT. Arthaprima Finance Subang Branch.

From this study it can be concluded based on the results of interviews that the promotion strategy at PT. Arthaprima Finance Subang Branch is quite optimal. However, there are still weaknesses, namely that there are still many people who do not know PT. Arthaprima Finance Subang Branch is engaged in what field and how the financing process. Because there is still a lack of advertising promotion strategies and sales promotions that are not spread to the general public.

Keywords: Promotion Strategy

References

Alma, Buchari. 2002. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Armstrong, Kotler 2015, Marketing an Introducing Prentice Hall twelfth Edition , England : Pearson Education, Inc.

Oscar, Hilman. 2020. Pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian produk muslim army. Jurnal Bisnis dan Pemasaran Volume 10 Nomor 1

Boone, Louis E dan Kurtz, David L. 2000. Pengantar Bisnis. Jilid ke-1. Terjemahan Anwar Fadriansyah. Penerbit Erlangga. Jakarta

David, Fred R, 2011. Strategic Management, Buku 1. Edisi 12 Jakarta

R. Terry ,2000. Prinsip-Prinsip Manajemen. (edisi bahasa Indonesia). PT. Bumi Aksara: Bandung.

Gitusudarmo, Indriyo. 2015. Manajemen Pemasaran Edisi 2 Jilid 3. Yogyakarta: BPFE.

Grewal, Dhruv and Levy, Michael. 2014. Marketing, Fourth Edition, The McGraw-Hill, New York.https://arthaprima.co.id/berita/tentang kami/

Kotler, Philip., Armstrong, Gerry. 2008. Prinsip-prinsip pemasaran. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., an Armstrong, G. 2018. Prinsiples of Marketing. Harlow, United Kingdom : Pearson Education Limited.Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. . Principles of Marketing. New Jersey: Prentice Hall.

Purwanto, Ngalim. 2006. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rangkuti, Freddy. 2013. Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Siagian, Sondang P. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudaryono, 2016. Manajemen Pemasaran Teori dan Implementas. Yogyakarta: ANDISwastha, Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty Yogyakarta

Tjiptono, Fandy dan Chandra Gregorius, 2012. Pemasaran Strategik. Yogyakarta : ANDI

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: ANDI

William J Stanton, 2008, Prinsip Pemasran, Jilid I, Edisi 7, Erlangga, Jakarta

Alma, Buchari. 2013. Pengantar Bisnis. Bandung: Alfabeta

Amirullah,s Budiyono. 2004. Pengantar Manjemen. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Anatan, Lina & Ellitan, Lena. 2007. Manajemen Sumeber Daya Manusia Dalam Bisnis Modern. Bandung: Alfabeta.

Andini, R. 2006. Analisis Pengaruh Kepuasan Gaji, Kepuasan Kerja, Komitmen Organisasional Terhadap Turnover Intention (Studi Kasus pada Rumah Sakit Roemani Muhammadiyah Semarang). Journal Management Diponegoro. Semarang: Magister Manajemen Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro.Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Binis. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2010. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sujarweni, V. W. 2015. Metode Penelitian Bisnis. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Downloads

Published

2022-07-03

Issue

Section

Articles