Peranan Reward Dan Punishment Dalam Mengelola Sumber Daya Manusia
DOI:
https://doi.org/10.37950/wbaj.vi.1667Keywords:
Sumber Daya Manusia, Reward, PunishmentAbstract
Abstrak
Penulisan makalah ini bertujuan untuk mengetahui peranan Reward dan Pusnishmen dalam mengelola sumber daya manusia. Penulisan makalah ini menggunakan metode tinjauan literatur. Dari pembahasan dapat disimpulkan bahwa reward dan punishment dapat memberikan dampak yang sangat signifikan kepada karyawan sehingga mampu memberikan motivasi untuk bekerja lebih baik lagi dikemudian hari. Tujuan utama program reward dan punishment yang dilakukan oleh perusahaan kepada karyawan adalah untuk mengelola sumber daya manusia menjadi sumber daya manusia yang berkualitas dan berkinerja baik. Hal ini dapat dipahami bahwa semua kegiatan organisasi dalam mencapai tujuannya tergantung pada manusia-manusia yang mengelola organisasi perusahaan. Oleh karena itu karyawan harus dikelola dengan baik sehingga dapat membantu perusahaan dalam mencapai tujuannya yang telah ditentukan.
Kata kunci : Sumber daya manusia, reward, punishment.
Abstract
The writing of this paper aims to find out the role of Reward and Pusnishmen in managing human resources. The writing of this paper uses the literature review method. From the discussion, it can be concluded that rewards and punishments can have a very significant impact on employees so that they can provide motivation to work better in the future. The main purpose of the reward and punishment program carried out by the company to employees is to manage human resources into qualified and well-performing human resources. It can be understood that all organizational activities in achieving their goals depend on the humans who manage the company's organization. Therefore, employees must be managed properly so that they can assist the company in achieving its predetermined goals.
Keywords: Human resources, reward, punishment.
References
J. Bratton and J. Gold, Human Resource Management: Theory and Practice, 4th ed. London: Palgrave Macmillan, 2007.
V. Rivai and E. J. Sagala, Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan: dari Teori ke Praktik, 1st ed. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2013.
Shofia Aula, Syarifa Hanoum, dan Prahardika Prihananto, Peran Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Resiliensi Organisasi, jurnal sains dan seni its vol. 11, 2337-3520 no. 1, 2022
Sunarto, A., Rusilowati, U., & Sari Eka, M., Pengaruh Reward (Pengahrgaan), Punishment (hukuman) dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan pada PT. Asuransi Sinarmas Jakarta Pusat. 392–411,2017
Kawulur, T. K., Areros, W. A., & Pio, R. . (2018). Pengaruh Reward and Punishment Terhadap Loyalitas Karyawan di. Adiminstrasi Bisnis, 6(2), 68–76.
Ludfi Ferry Wijaya, Sistem Reward dan Punishment sebagai Pemicu dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan, Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen (JIKEM) E-ISSN: 2774-2075, Vol. 1 No. 2, 2021
Kasmir, Manajemen Perbankan, PT. Raja Grafindo Persada, 2004, hal. 133
Reskar R. dalam Agung Dwi Nugroho.2015. Pengaruh Reward dan Punishment Terhadap Kinerja Karyawan PT. Busininess Training and Empowering Management Surabaya. Jurnal MAKSIPRENEUR, Vol. IV, No. 2
Robbins, S. P. 2009. Perilaku Organisasi, (Edisi Kesepuluh). Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia
Pramesti, RA, Sambul, Sofia. A. P., Rumawas, Wehelmina, Pengaruh Reward Dan Punishment Terhadap Kinerja Karyawan KFC Artha Gading, Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 9. No. 1, 2019