PENGARUH PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT. TRISNA NAGA ASIH DI KECAMATAN CIJAMBE KABUPATEN SUBANG
DOI:
https://doi.org/10.37950/wbaj.v5i2.1891Keywords:
promotion, purchase decision, marketing strategy, consumersAbstract
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian di PT Trisna Naga Asih. Faktor promosi yang efektif dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen, yang dapat berdampak pada kinerja penjualan perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan populasi konsumen PT Trisna Naga Asih yang berjumlah 115 orang, untuk pengambilan sampel menggunakan rumus slovin dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner kepada 53 responden yang dipilih secara acak. Kuesioner berisi pernyataan-pernyataan terkait promosi seperti iklan, promosi penjualan, promosi langsung, dan promosi online. Selain itu, kuesioner juga mencakup pernyataan tentang keputusan pembelian produk yang meliputi preferensi merek, harga, dan kualitas produk. Hasil analisis data menggunakan metode regresi linear sederhana yang menunjukkan bahwa promosi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian di PT Trisna Naga Asih, dibuktikan dengan hasil pengolahan data yang menunjukan hasil perhitungan koefisien determinasi sebesar 0,791 atau 79,1% dan sisanya 20,9% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata kunci : Promosi, Keputusan Pembelian, Strategi Pemasaran, Konsumen.Abstract
This research aims to determine the Influence of Promotion on Purchase Decisions at PT Trisna Naga Asih. Effective promotional factors can influence consumer purchasing decisions, which can impact the company's sales performance. This research employs a quantitative method with a population of 115 consumers at PT Trisna Naga Asih. Sample selection is done using the Slovin formula, and data collection is carried out through questionnaires distributed to 53 randomly selected respondents. The questionnaire contains statements related to promotions such as advertising, sales promotions, direct promotions, and online promotions. Additionally, the questionnaire also includes statements about product purchase decisions, including brand preferences, price, and product quality.
The data analysis results, using a simple linear regression method, demonstrate that promotion significantly influences purchase decisions at PT Trisna Naga Asih. This is confirmed by the data processing results, which show a coefficient of determination of 0.791 or 79.1%, with the remaining 20.9% influenced by other factors.
Keywords: Promotion, Purchase Decision, Marketing Strategy, Consumers.References
Alemina Henuk-Kacaribu, (2020). Pengantar Ilmu Administrasi. Penerbit Andi.
Amstrong, Gary & Philip, Kotler. (2012). Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid I, Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta: Penerbit Prenhalindo.
Anastasia, L. (2021). ANALISIS PENGARUH PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI MINAT BELI KONSUMEN PADA SHOPEE (studi pada konsumen (mahasiswa UMM) pengguna Shopee) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Malang).
Arfah, Y. (2022). Keputusan Pembelian Produk. PT Inovasi Pratama Internasional.
Assauri. S. (2018). Manajemen Pemasaran (Dasar, Konsep & Strategi). Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Basu Swastha. (2002). Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua. Cetakan Kedelapan.Jakarta:Penerbit Liberty
Basu Swastha. (2008). Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Liberty.
Dewi, Irra Chrisyanti. (2011). Pengantar Ilmu Administrasi. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.
Fandy Tjiptono. (2015). Strategi Pemasaran Edisi 4. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Fandy. Tjiptono. (2014) Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan, Penelitian. Yogyakarta. Andi.
Freddy Rangkuti .(2009). Strategi Promosi Yang Kreatif. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Fuad,M.,dkk. (2006). Pengantar Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Gronroos, C. (2016). Service Management and Marketing: A Customer Relationship Management Approach. Chishester: Jhon Wiley and Sond, Ltd.
Hasibuan, Malayu SP. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan keempatbelas, Jakarta: Bumi Aksara.
Hastuti, M. A. S. W., & Anasrulloh, M. (2020). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Ecobuss, 8(2), 99-102.
Kotler dan Armstrong. (2014). Dasar-Dasar Pemasaran. Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Prehallindo.
Kotler. Keller. (2012). Marketing Management. 14th. Person Education.
Kotler. P dan Amstrong. (2018). Prinsip-prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.
Kotler. Philip. Armstrong. Garry. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1, Erlangga, Jakarta.
Limakrisna, N., & Purba, T. P. (2017). Manajemen Pemasaran: Teori dan Aplikasi dalam Bisnis Edisi 2. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Muhamad Gigih Made P. (2015) PENGARUH PROMOSI DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SURAT KABAR HARIAN SUARA MERDEKA
Priansa, Juni. D. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Era media Sosial. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Schiffman, Leon G. (2000). Consumer Behavior; Consumer. Learning
Siagian. Sondang P. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara. Jakarta.
Subianto, T. (2007). Studi tentang perilaku konsumen beserta implikasinya terhadap keputusan pembelian. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 3(3), 165-182.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Sunyoto, Danang. (2013). Teori, Kuisioner & Analisis Data Untuk Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Tjiptono dan Diana. (2020). Pemasaran. Edisi 1. Yogyakarta: Andi.
Tjiptono. (2019). Strategi Pemasaran Prinsip & Penerapan. Edisi 1. Yogyakarta. Andy.