Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Sari Ater Hotel & Resort Subang

Authors

  • Nelli Sulistiana BAPEDA Kabupaten Subang
  • Iwan Henri Kusnadi Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Subang
  • Ade Nawawi Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Subang

DOI:

https://doi.org/10.37950/wbaj.v1i2.753

Keywords:

: Kualitas Pelayanan, Loyalitas Pelanggan.

Abstract

Tujuan peneliti melakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar tingkat kualitas pelayanan dan tingkat loyalitas pelanggan pada Sari Ater Hotel & Resort Subang, serta untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan. Dari hasil penelitian bahwa tingkat kualitas pelayanan pada Sari Ater Hotel & Resort Subang berada pada tingkat cukup tinggi, dan untuk tigkat loyalitas pelanggannya berada pada tingkat cukup tinggi pula. Adapun pengaruh kualitas pelayanan (X) terhadap loyalitas pelanggan (Y) memiliki pengaruh positif signifikan yakni sebesar 70,4%, sedangkan 29,6% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti.

 

The objective of the researcher conducting this research is to find out how much the level of service quality and level of customer loyalty at Sari Ater Hotel & Resort Subang, and to find out how much influence the quality of service on customer loyalty. From the results of the study that the level of service quality at Subang Sari Ater Hotel & Resort is at a fairly high level, and for the level of customer loyalty is at a fairly high level too. The effect of service quality (X) on customer loyalty (Y) has a significant positive effect of 70.4%, while the remaining 29.6% is influenced by other factors not examined by researchers.

 

 

Author Biographies

Nelli Sulistiana, BAPEDA Kabupaten Subang

 

 

 

Iwan Henri Kusnadi, Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Subang

 

 

 

Ade Nawawi, Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Subang

 

 

 

References

Alma, Buchori. 2007. Manajemen Pemasaran Jasa. Bandung: CV Alfabeta.
Alma, Buchori. 2013. Pengertian Bisnis. Bandung: CV Alfabeta.
Arief, M. 2007. Pemasaran Jasa & Kualitas Pelayanan: Bagaimana mengelola Kualitas Pelayanan agar Memuaskan Pelanggan. Malang: PT Bayu Media Publising.
Fajar, Rizky. 2009. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan. Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Griffin, Jill. 2005. Custemer Loyality: Menumbuhkan Dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran, jilid 1 dan 2. Jakarta: Indeks Kelompok Gramedia.
Kotler, P. & Keller, K. L. 2009. Manajemen Pemasaran, jilid 1 edisi 13. Jakarta: Erlangga.
Silalahi, Ulbert . 2013. Studi tentang Ilmu Administrasi. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiono. 2007. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Sugiono. 2014. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Susepti, Amalia. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Tamu Hotel pada Hotel Mahkota Plengkung Kabupaten Banyuwangi. Universitas Brawijaya Malang.
Tjiptono, Fandy. 2004. Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia.
Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa. Yogyakarta: ANDI.
Tjiptono, Fandy dan Gregorius Candra. 2016. Service Quality dan Statisfaction. Yogyakarta: ANDI.

Downloads

Published

2020-04-24

Issue

Section

Articles