Kualitas Pelayanan Obat BPJS di Apotek Rawat Jalan RSUD Kelas B Kabupaten Subang

Authors

  • Komir Bastaman
  • Tony Pathony FIA Universitas Subang

DOI:

https://doi.org/10.37950/wbaj.v2i2.940

Keywords:

Kualitas, Pelayanan obat

Abstract

Penelitian dan penulisan ini membahas hal-hal yang berkaitan dengan Kualitas Pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah Kelas B kabupaten Subang dalam Pelayanan Obat di Apotek Rawat jalan Rumah Sakit Umum Daerah Kelas B kabupaten Subang dalam hubungannya dengan teori menurut Fitzsimmons yaitu sumberdaya, ketepatan,kecepatan, jaminan dan   empati.  Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui pengamatan dan observasi, wawancara, studi kepustakaan dan dokumentasi. Sumber data diperoleh dari informan melalui pengamatan dan wawancara secara langsung dan dokumen diperoleh dalam bentuk peraturan-peraturan dan pengolahan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa berwujud, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati belum terlaksana secara optimal. Kualitas Pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah Kelas B kabupaten Subang dalam Pelayanan Obat di Apotek Rawat jalan RSUD Kelas B Kabupaten Subang belum berjalan berkulitas. Hal ini dapat terlihat dari masih lambatnya kesigapan tenaga Apoteker dalam menangani pasien sehingga pasien yang harus segera mendapatkan pertolongan dibiarkan menunggu.

 

This research and writing discusses matters relating to the Quality of Services in the Class B District Subang District General Hospital in Drug Services at the Outpatient Pharmacy Class B Subang District Regional Hospital in relation to the theory according to Fitzsimmons namely tangible, realibility, responsipness, asurance and empathy. In this study using a qualitative approach through observation and observation, interviews, literature studies and documentation. Sources of data obtained from informants through direct observation and interviews and documents obtained in the form of regulations and data processing. The results showed that tangibility, reliability, responsiveness, assurance and empathy had not been carried out optimally. Service Quality of Subang Regency Class B Regional General Hospital in Drug Services in the Outpatient Pharmacy Class B Subang District Hospital has not yet progressed. This can be seen from the slow alertness of Pharmacists in handling patients so that patients who must immediately get help are left to wait.

References

Creswell, John W. 2010. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Denhard. 2003. Pengukuran Kualitas Pelayanan: Bandung: CV Pustaka Setia.

Fakhrurrozie, Muhammad. 2004. Konsep Daasar Puskesmas. Bandung: Alfabeta.

Gasperz. 2008. Manajemen Pelayanan Publik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Lukman. 2009. Kinerja Pelayanan Publik. Jakarta: Salemba Empat.

Lovelock. 2004. Asas-asas Manajemen Pelayanan. Bandung: Alfabeta.

Moenir. 2001. Penilaian Kinerja Organisasi Pelayanan Publik. Yogyakarta: Fisipol UGM.

Moleong, Lexy, J, MA, 2005. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nazir, 2005. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Notoatmodjo. 2003. Pengertian Pelayanan Kesehatan Masyarakat. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Pasolong, Herbani. 2008. Pengertian Pelayanan Publik. Bandung: PT Refika Aditama.

Simbolon, Hotman. 2009. Statistika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sinambela, Lijan Poltak. Dkk 2011, Reformasi Pelayanan Publik, Jakarata: Bumi Aksara.

Singarimbun, Masri. 1995. Metode Penelitian. Jakarta: LP3ES.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Publik. Bandung: Alfabeta.

Suiudi, Achmad. 2004. Kebijakan Dasar Puskesmas. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono. 2006. Kualitas Pelayanan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Triguno. 2007. Manajemen Pelayanan, Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Winarsih, Atik Septi. 2008. Pengukuran Kinerja Sektor Publik. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Wasistiono. 2002. Manajemen Kinerja Sektor Publik, Edisi I, Yogyakarta: PT BPFE.

Downloads

Published

2020-12-06

Issue

Section

Articles