THE EFFECT OF USING SMALL GROUP DISCUSSION IN TEACHING READING COMPREHENSION

Authors

  • Saiful Fajar Universitas Subang

Keywords:

Pembelajaran Kooperatif, Kelompok Kecil Diskusi, Pemahaman Membaca

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh penggunaan teknik Small Group Discussion dalam pengajaran pemahaman membaca pada siswa kelas sebelas SMA PGRI 1 Subang. Penelitian in dilakukan dengan metode kuantitatif dengan desain pre-test dan pos-test pre-eksperimental. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 204 siswa dari total enam kelas. Sampel diperoleh dengan menggunakan purposive sampling yang menghasilkan satu kelas dengan jumlah 32 siswa. Kedua kelas tersebut kemudian ditempatkan secara acak ke dalam kelas experimental dan control. Penelitian ini dilakukan dengan melaksanakan prosedur pemberian pre-test dan post-test. Pre-test diberikan untuk melihat kemampuan dasar siswa dalam membaca sebelum penerapan metode Kelompok Kecil Diskusi dilakukan. Post- test akan mengukur efektivitas penerapan metode Kelompok Kecil Diskusi terhadap prestasi membaca siswa. Data dikumpulkan dari 20 item tes yang diuji kepada siswa sebelum dan sesudah penerapan metode Kelompok Kecil Diskusi. T-test digunakan untuk menghitung data dan untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian ini diasumsikan dapat menguji pengaruh penggunaan teknik Small Group Discussion dalam pengajaran pemahaman membaca pada siswa kelas sebelas SMA PGRI 1 Subang.

Downloads

Published

2022-06-17

How to Cite

Fajar, S. . (2022). THE EFFECT OF USING SMALL GROUP DISCUSSION IN TEACHING READING COMPREHENSION. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA), 3(1), 292–296. Retrieved from http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/sendinusa/article/view/1321

Issue

Section

Articles