PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN KARYA MEKAR MELALUI PENGGUNAAN MEDIA TIGA DIMENSI

  • Eneng Yulianti SDN Karya Mekar
Keywords: Hasil belajar, Media tiga dimensi

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaannya dilakukan dalam dua siklus, dan setiap siklus melalui tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi yang dilakukan secara kolaborasi dengan teman sejawat. Intrumen pengumpulan data yang dipergunakan antara lain: lembar panduan observasi, evaluasi hasil belajar, dan catatan lapangan cukup efektif untuk menjaring data secara lebih obyektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media tiga dimensi pada pembelajaran matematika materi bangun ruang pada siswa kelas IV SD Negeri Karya Mekar berhasil meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa secara signifikan. Persentase rata-rata keseluruhan hasil observasi aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 70.44% dan pada siklus II sebesar 81.08%. dengan demikian terdapat peningkatan sebesar 10,64%. Sedangkan pada aspek hasil belajar, perolehan rata-rata pos test setiap siklus menunjukkan peningkatan yang signifikan. Nilai rata-rata pos test siklus I sebesar 59,19 dan pada siklus II sebesar 71,08. Dengan demikian ada peningkatan jumlah siswa yang mencapai KKM sebesar 24,32% dengan persentase ketuntasan siswa pada siklus I mencapai 61.16% dan siklus II mencapai 86,49%. Dari pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan media tiga dimensi pada pembelajaran matematika materi bangun ruang mampu memperbaiki kualitas pembelajaran, sehingga memberikan dampak positif terhadap peningkatan proses dan hasil belajar.

Published
2020-02-03
How to Cite
Yulianti, E. (2020). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN KARYA MEKAR MELALUI PENGGUNAAN MEDIA TIGA DIMENSI . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA), 1(1), 33-42. Retrieved from http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/sendinusa/article/view/640