SISTEM INFORMASI PEMASARAN DIGITAL PADA CV XYZ

Authors

  • Julian Syiroojuddin
  • Bambang Tjahjo Utomo

Keywords:

Sistem Informasi, Digital Marketing, CMS Wordpress, Produk, Promosi

Abstract

Keberadaan teknologi informasi membawa perubahan yang cukup signifikan yaitu terjadinya proses transformasi bisnis ke arah digitalisasi. Keberadaan bentuk pemasaran digital memberikan peluang besar bagi perusahaan untuk melakukan perluasan segmentasi pasar tanpa batasan ruang dan waktu. Seperti yang diketahui, penerimaan teknologi dan internet di masyarakat sangat luas sehingga tidak heran kegiatan pemasaran secara digital dijadikan pilihan utama oleh banyak perusahaan, karena selain mempermudah promosi juga memiliki peluang yang sangat besar dalam memperluas jangkauan segmentasi pasar.

CV XYZ merupakan salah satu usaha yang bergerak pada bidang pembuatan pakaian yang menyediakan berbagai kebutuhan konfeksi bagi perorangan, perusahaan, instansi, sekolah, dan komunitas, tidak hanya menawarkan jasa konfeksi saja CV XYZ juga menyediakan produk yang sudah jadi seperti kaos, jaket dan kemeja. Sistem pemasaran yang digunakan masih mengandalkan media telepon dan brosur hal ini tentunya menyulitkan pihak manajemen untuk memperluas pangsa pasar, serta pelanggan yang berada di luar daerah akan kesulitan jika ingin memesan produk, hal ini disebabkan oleh proses pemesanan yang dilakukan pelanggan harus datang ke tempat usaha atau pesan melalui telepon maupun Whatsapp.

Untuk mengatasi permasalahan, diusulkan untuk membangun website sebagai sarana pemasaran digital yang dapat dimanfaatkan untuk membantu aktivitas promosi. Pembuatan website menggunakan salah satu CMS yaitu CMS Wordpress, pemilihan CMS Wordpress sebagai tools pembuatan website karena sangat friendly dengan digital marketing karena dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti website pribadi, company profile, hingga toko online yang bisa meningkatkan penjualan dan mengenalkan merek serta mendukung Search Engine Optimisation (SEO) yang bermanfaat untuk menaikan peringkat website pada mesin pencarian Google.

Downloads

Published

2022-09-16

Issue

Section

Articles