RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PERKEMBANGAN INDUSTRI KONVEKSI DI KABUPATEN SUBANG

Authors

  • Rusnedi Abdul Gani

Keywords:

SIG, Industri Konveksi, UML

Abstract

Kabupaten Subang adalah sebuah kabupaten di provinsi Jawa Barat Ibukotanya adalah Subang. Kabupaten ini berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Kabupaten Indramayu di timur, Kabupaten Sumedang di tenggara, Kabupaten Bandung Barat di selatan, serta Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Karawang di barat.

Seiring kemajuan zaman dari tahun ketahun banyak perusahaan besar dan sedang yang sudah beroperasi secara komersial di Kabupaten Subang. Perkembangan jumlah industri konveksi baik besar maupun sedang tersebut, selain karena letak geografis kabupaten Subang yang strategis, juga dikarenakan adanya berbagai kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah kabupaten Subang yang berkenaan dengan jaminan kemudahan investasi.

Hambatan yang muncul dalam industri konveksi ini perlu adanya Sistem yang mudah untuk mendapatkan informasi yang baik untuk pendataan industri konveksi di Kabupaten Subang . Pemetaan lokasi industri konveksi merupakan penyajian informasi yang akurat terkait dengan keberadaan suatu usaha disuatu wilayah sangat diperlukan selain untuk memonitor peluang usaha dan kebutuhan tenaga kerja juga dapat dijadikan sebagai informasi untuk menyerap para investor untuk menanam modal. Solusi untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan penyampaian informasi yang baik agar mempermudah penyampaian informasi perkembangan industri konveksi maka dibutuhkan suatu teknologi yang lebih mudah dipahami yaitu melalui Tabel dan gambar teknologi ini sering dikenal dengan Sistem Informasi Geografis (SIG). Metode perancangan yang digunakan menggunakan tools Unified Modelling Language (UML). Aplikasi SIG sangat berguna untuk studi pemilihan lokasi karena kemampuan yang sangat baik dalam menyimpan, menganalisis dan menampilkan data spasial sesuai dengan spesifikasi yang ditetapkan pengguna.

Downloads

Published

2023-01-10

Issue

Section

Articles