Pengembangan Sistem Informasi Kehadiran Guru Dan Siswa Pada SMK Tri Mitra

Authors

  • Firman Abdullah Nurtalim
  • Syarif Hidayat

Keywords:

Sistem Informasi, Kehadiran, Guru dan Siswa

Abstract

Kehadiran Guru dan Siswa adalah bagian terpenting dalam proses pembelajaran. Untuk itu maka kehadiran guru dan siswa harus dikelola dengan baik untuk kebutuhan monitoring dan evaluasi pembelajaran.

Karena proses pendataan kehadiran guru dan siswa ini dilakukan setiap hari maka dibutuhkan adanya sebuah sistem informasi untuk mempermudah proses pelaksanaannya. Berangkat dari kebutuhan tersebut penulis mencoba membuat penelitian tentang Pengembangan Sistem Informasi Kehadiran Guru dan Siswa dengan studi kasus di SMK Tri Mitra.

Dalam jurnal ini penulis mencoba menganalisa kebutuhan dari sistem yang akan dibangun yang meliputi kebutuhan perangkat lunak, kebutuhan fungsi dan melakukan pemodelan dari kebutuhan tersebut dalam bentuk diagram UseCase. Untuk perancangan yang penulis lakukan dalam penelitian ini adalah perancangan antarmuka, dan perancangan database.

Metoda yang digunakan dalam pengembangan sistem ini adalah metoda Rational Unified Process (RUP). Sedangkan dalam pembuatan modelingnya menggunakan UML dan Bahasa pemrograman yang digunakan adalah PHP dengan Frame work CII.

Downloads

Published

2024-07-23

Issue

Section

Articles