BODY SHAMING PADA FILM IMPERFECT THE SERIES KARYA ERNEST PRAKASA

Analisis Isi Deskriptif Kuantitatif Body Shaming Pada Film Imperfect The Series Karya Ernest Prakasa

Authors

  • Soraya, Gugun Faisal R

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui frekuensi dan juga presentase kemunculan body shaming pada film Imperfect The Series karya Ernest Prakasa. Dalam penelitian ini menggunakan metode analisis isi deskriptif kuantitatif. Untuk menguji reliabilitas, peneliti menggunakan rumus Holsti. Populasi dalam penelitian ini yaitu scene dalam film Imperfect The Series Karya Ernest Prakasa. Adapun sampel yang diambil adalah scene yang menunjukkan adanya gambaran atau percakapan yang mengandung body shaming. Teknik pengumpulan data melalui dokumentasi. Hal tersebut dilakukan dengan mengumpulkan data dari setiap scene yang menampilkan adanya unsur body shaming. Selanjutnya data dimasukan ke dalam tabel kategori. Yang dalam hal ini peneliti dibantu oleh para coder untuk mengisi lembar koding.

Hasil penelitian menunjukkan adanya beberapa adegan body shaming baik secara verbal maupun nonverbal dengan presentase 92% secara verbal dan 8% secara nonverbal. Dan dalam film ini terdapat hal -hal menarik seperti tokoh utama yang ditampilkan sangat mencerminkan wanita Indonesia yang beragam, ketidaksempurnaan para pemain menjadi daya tarik tersendiri, dan terdapat adanya pesan bahwa kesempurnaan seseorang bukan hanya soal fisik ataupun tampilan seseorang, tetapi jauh dari itu.

Downloads

Published

2023-01-31

How to Cite

Omnicom, J. (2023). BODY SHAMING PADA FILM IMPERFECT THE SERIES KARYA ERNEST PRAKASA: Analisis Isi Deskriptif Kuantitatif Body Shaming Pada Film Imperfect The Series Karya Ernest Prakasa. OMNICOM: Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(1). Retrieved from https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/FIKOM/article/view/1544

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)